Eco Town at Sawangan

Contoh Surat Perjanjian Sewa Ruko dan Cara Membuatnya

surat perjanjian sewa ruko

Ruko termasuk properti komersial yang bisa digunakan untuk berbagai keperluan bisnis, seperti toko, restoran, kantor, dan lain sebagainya. Jika ingin menyewa ruko, Anda membutuhkan surat perjanjian sewa ruko. Fungsi surat perjanjian sewa ruko tak hanya sebagai bukti sah transaksi, namun juga menjamin keamanan dan legalitas bagi kedua belah pihak, baik penyewa maupun pemilik. 

 

Dengan adanya surat perjanjian, hak dan kewajiban kedua pihak tercantum secara jelas sehingga mengurangi risiko terjadinya perselisihan di kemudian hari. Lantas, bagaimanakah cara membuat surat perjanjian sewa ruko? Simak selengkapnya di artikel ini!

 

Apa itu Surat Perjanjian Sewa Ruko?

Surat perjanjian sewa ruko adalah dokumen yang disusun oleh penyewa dan pemilik ruko untuk menetapkan aturan dalam transaksi sewa-menyewa. Tujuannya adalah untuk memberikan perlindungan hukum bagi kedua belah pihak dan mencegah perselisihan selama masa sewa. 

 

Dokumen ini berisi detail kesepakatan antara penyewa dan pemilik ruko serta dapat digunakan sebagai pedoman jika terjadi masalah atau konflik di masa depan. Dengan demikian, surat perjanjian sewa ruko sangat penting untuk melindungi kepentingan kedua pihak.

 

Cara Membuat Surat Perjanjian Sewa Ruko

 

Cara Membuat Surat Perjanjian Sewa Ruko

 

Setelah memahami apa itu surat perjanjian sewa ruko, langkah selanjutnya adalah membuat surat perjanjian secara lengkap. Berikut adalah cara membuat surat perjanjian sewa ruko.

 

1. Cantumkan Identitas Diri Pihak Pertama dan Kedua

Cara membuat surat perjanjian sewa ruko yang pertama adalah dengan mencantumkan identitas diri pihak pertama dan kedua. Surat perjanjian sewa ruko wajib mencantumkan identitas diri pihak pertama (pemilik ruko) dan pihak kedua (penyewa ruko) secara lengkap dan jelas. 

 

Dalam surat, hal utama yang perlu disertakan adalah data lengkap dari kedua belah pihak, termasuk nama lengkap, usia, pekerjaan, dan nomor identitas KTP. 

 

Baca juga: Residensial: Definisi, Kelebihan, & Kekurangannya

 

2. Cantumkan Alamat Lengkap

Surat perjanjian sewa ruko wajib mencantumkan alamat lengkap objek sewa secara akurat dan terperinci. Hal ini bertujuan untuk memastikan kejelasan lokasi ruko yang disewakan dan menghindari kesalahpahaman di kemudian hari.

 

3. Informasi Jangka Waktu Sewa

Langkah selanjutnya membuat surat perjanjian sewa ruko adalah mencantumkan informasi jangka waktu sewa. Hal ini bertujuan untuk menentukan kapan masa sewa dimulai dan berakhir.

 

4. Masukkan Harga yang Telah Disepakati

Setelah harga sewa disepakati antara pemilik dan calon penyewa, rincian harga sewa per bulan atau per tahun harus dicatat dalam surat. Surat tersebut juga harus mencantumkan jumlah uang muka yang telah dibayarkan dan jumlah sewa bulanan.

 

5. Beban Biaya Perawatan

Dalam pembuatan surat perjanjian sewa ruko informasi mengenai beban biaya perawatan dan penggunaan fasilitas ruko juga wajib dicantumkan. Hal ini karena, dengan adanya pemindahan hak penggunaan ruko, pihak kedua bertanggung jawab atas biaya perawatan yang terkait, seperti listrik dan air serta berkewajiban untuk membayarnya.

 

6. Menyertakan Saksi

Untuk mencegah adanya kecurangan, surat perjanjian sewa ruko atau kios ini perlu disaksikan oleh pihak lain. Dua saksi, seperti ketua RT dan tetangga atau lainnya dapat menandatangani surat perjanjian sebagai bukti bahwa mereka mengetahui isi perjanjian antara kedua belah pihak.

 

Baca juga: AJB: Pengertian, Fungsi, Ciri-Ciri, & Syarat Pembuatannya

 

Contoh Surat Perjanjian Sewa Ruko

Setelah memahami cara membuat surat perjanjian sewa ruko yang perlu dilakukan selanjutnya adalah menyusunnya secara terstruktur. Perlu diingat, contoh ini hanya memuat beberapa pasal penting dalam surat perjanjian sewa ruko. Anda dapat menambahkan pasal lain sesuai kebutuhan.

 

Pastikan juga kedua belah pihak membaca dan memahami isi surat perjanjian sebelum menandatanganinya. Berikut contoh format surat perjanjian sewa ruko yang bisa Anda jadikan acuan:

 

 

Contoh Surat Perjanjian Sewa Ruko

 

Contoh Surat Perjanjian Sewa Ruko

Contoh Surat Perjanjian Sewa Ruko

 

Demikianlah ulasan lengkap mengenai surat perjanjian sewa ruko. Dengan memahami pentingnya dan cara pembuatannya, Anda dapat terhindar dari risiko yang mungkin timbul dalam proses menyewa ruko.

 

Namun, perlu diketahui sewa ruko bukan satu-satunya pilihan. Jika Anda ingin memiliki properti yang tak hanya menguntungkan tapi juga nyaman, Sinsa di Eco Town Sawangan adalah pilihan tepat. 

 

Sinsa di Eco Town Sawangan menawarkan kompleks pertokoan dengan spesifikasi premium, aksesibilitas yang mudah, dan dikelilingi oleh berbagai fasilitas lengkap, seperti lingkungan yang asri dikelilingi pepohonan dan banyak akses untuk jalan tol maupun kendaraan umum. 

 

Dengan jumlah unit yang terbatas, menjadikan Sinsa di Eco Town Sawangan peluang investasi yang tak boleh dilewatkan. Segera hubungi kami atau kunjungi show unit di Jl. Raya Bojongsari No.18, Bojongsari Lama, Kec. Bojongsari, Kota Depok, Jawa Barat untuk informasi lebih lanjut.

 

Baca juga: Rincian Biaya Jual Beli Rumah yang Perlu Anda Ketahui