Eco Town at Sawangan

Mengenal Properti Komersial: Contoh dan Tips Membelinya

properti komersial adalah

Properti komersial adalah jenis bangunan yang digunakan untuk tujuan bisnis, seperti toko, kantor, gudang, dan hotel. Jenis properti ini menawarkan potensi keuntungan yang besar bagi investor, baik dalam jangka pendek maupun jangka panjang.

 

Memiliki properti dapat menjadi investasi yang menguntungkan, tetapi penting untuk melakukan riset dan perencanaan yang matang sebelum membelinya. Untuk itu, yuk pahami lebih dalam tentang properti komersial, mulai dari contoh, manfaat, dan tips membelinya di artikel berikut ini!

 

Apa itu Properti Komersial?

Properti komersial adalah aset fisik berupa bangunan yang digunakan untuk aktivitas bisnis atau mencari keuntungan. Berbeda dengan properti residensial yang hanya untuk tempat tinggal, aset jenis ini dirancang untuk kegiatan niaga atau perdagangan. 

 

Hal ini membuat nilai baguan komersil ini cenderung lebih tinggi daripada properti residensial karena berfungsi sebagai tempat usaha, seperti perkantoran, perniagaan, penginapan, atau restoran.

 

Contoh Properti Komersial

Properti Komersial adalah

 

Ada beragam jenis bangunan komersial yang dapat Anda pilih sesuai dengan kebutuhan dan tujuan investasi. Adapun beberapa contoh dari properti komersial adalah sebagai berikut.

 

1. Ruko

Contoh pertama dari properti komersial adalah ruko. Ruko adalah bangunan yang berfungsi sebagai tempat usaha serta tempat tinggal dan sering kali memiliki beberapa lantai. Biasanya, lantai pertama digunakan untuk usaha, sementara lantai atas sebagai tempat tinggal. Ciri khas ruko adalah berada di tepi jalan dengan desain yang khas.

 

2. Pertokoan

Contoh berikutnya adalah pertokoan. Pertokoan adalah tempat khusus untuk jual beli, seperti mall, pasar tradisional, plaza, dan tempat perbelanjaan lainnya. Area pertokoan ini biasanya memiliki berbagai toko yang menjual barang-barang beragam.

 

3. Penginapan

Penginapan, seperti hotel, vila, atau cottage merupakan salah satu contoh properti komersial untuk tempat singgah sementara. Desain bangunan penginapan juga bervariasi sesuai jenisnya, misalnya hotel dengan banyak kamar atau vila di lokasi wisata.

 

4. Kos-Kosan

Contoh berikutnya adalah kos-kosan. Biasanya, bangunan kos-kosan mirip dengan rumah biasa namun memiliki banyak kamar yang disewakan kepada penyewa. Sistem pembayaran untuk rumah kos pun bervariasi, mulai dari bulanan, per tiga bulan, per semester, hingga tahunan.

 

5. Perkantoran

Contoh terakhir adalah perkantoran. Bangunan perkantoran merupakan jenis properti komersial yang sering dijumpai di kawasan perkotaan. Gedung kantor biasanya memiliki dimensi yang luas dan terdiri dari beberapa lantai. 

 

Pada umumnya, developer akan menyediakan fasilitas lift atau elevator di gedung perkantoran yang memiliki banyak lantai. Fasilitas ini sangat penting untuk mendukung mobilitas para pekerja di dalam gedung tersebut.

 

Manfaat Memiliki Properti Komersial

Manfaat Memiliki Properti Komersial adalah

 

Memiliki bangunan komersial menawarkan berbagai keuntungan menarik bagi para investor, baik dalam jangka pendek maupun panjang. Berikut beberapa manfaat utama mengapa investasi di properti komersial dianggap menguntungkan:

 

  • Memiliki sumber penghasilan pasif dari sewa properti komersial sehingga memberikan keuntungan finansial tanpa perlu bekerja aktif.
  • Jangka waktu sewa yang panjang memberikan kepastian penghasilan bagi pemilik bangunan.
  • Tingginya permintaan akan tempat usaha membuat properti komersial menjadi incaran penyewa, terutama jika lokasinya strategis.
  • Nilai properti komersial cenderung terus meningkat, hal ini tentunya memberikan potensi keuntungan, baik dari peningkatan harga maupun kenaikan biaya sewa.
  • Pemilik properti memiliki kendali penuh atas bangunan, termasuk keputusan untuk memperpanjang atau mengakhiri kontrak sewa dengan penyewa.

 

Tips Membeli Properti Komersial

Membeli aset komersial bisa menjadi langkah investasi yang menguntungkan, namun memerlukan pemahaman dan persiapan matang. Berikut adalah beberapa tips penting yang perlu dipertimbangkan sebelum membeli properti komersial.

 

1. Perhatikan Lokasi

Tips pertama membeli properti komersial adalah dengan memperhatikan lokasi. Untuk pembelian unit ruko, disarankan memilih lokasi yang berdekatan dengan permukiman. Sementara itu, jika akan membangun atau membeli perkantoran, lebih baik memilih lokasi yang terletak di pusat kota dan memiliki akses dekat ke fasilitas transportasi.

 

2. Riset Pasar

Tips selanjutnya untuk membeli aset komersial adalah melakukan riset pasar. Sebelum membeli properti komersial, penting untuk melakukan riset pasar dengan teliti. Hal ini diperlukan untuk menelusuri informasi, seperti harga properti, tingkat permintaan dan penawaran, serta tren terkini di pasar.

 

3. Perhatikan Biaya Lainnya

Sebagai investor real estat, penting untuk Anda mempertimbangkan biaya-biaya lain yang akan muncul setelah pembelian. Biaya-biaya lain tersebut, seperti renovasi, operasional, dan pajak properti. Biaya-biaya ini perlu diperhitungkan dan dipersiapkan dengan matang agar investasi Anda dapat berjalan lancar dan optimal. 

 

4. Diversifikasi Portofolio

Agar pengelolaan risiko investasi dapat berjalan dengan baik, Anda disarankan untuk melakukan diversifikasi portofolio. Sebaiknya, lakukan diversifikasi portofolio dengan mengalokasikan dana pada berbagai jenis bangunan selain bangunan komersial. Hal ini dapat membantu dalam meminimalkan risiko investasi Anda.

 

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, properti komersial menawarkan potensi keuntungan yang signifikan bagi investor, baik dalam jangka pendek maupun panjang. 

 

Jadi, jika Anda tertarik untuk memiliki properti komersial yang menguntungkan dan dengan lingkungan nyaman, Eco Town Sinsa adalah pilihan tepat. Sinsa di Eco Town terletak di lokasi strategis yang mudah diakses dan dikelilingi oleh berbagai macam fasilitas premium dan lengkap.  Oleh karena itu, Sinsa adalah pilihan investasi bagi Anda yang ingin mendapatkan keuntungan maksimal.

 

Tunggu apa lagi? Jangan lewatkan kesempatan untuk memiliki properti komersial yang menguntungkan dan dengan menghubungi kami atau kunjungi show unit di Jl. Raya Bojongsari No.18, Bojongsari Lama, Kec. Bojongsari, Kota Depok, Jawa Barat.