Eco Town at Sawangan

Mengenal Perumahan Cluster: Karakteristik dan Keuntungannya

Perumahan cluster adalah konsep hunian yang berbeda dengan biasa. Perumahan pada umumnya terdiri dari beberapa blok rumah yang tertata rapi dan dikelilingi oleh tembok. Tak hanya itu, setiap cluster juga memiliki gerbang masuk dan sistem keamanan terpadu yang dijaga oleh petugas keamanan. 

 

Selain itu, di bagian dalam perumahan cluster terdapat berbagai fasilitas umum yang dapat dinikmati oleh penghuninya, seperti taman, kolam renang, area bermain anak, dan pusat kebugaran.

 

Artikel ini akan menjelaskan pengertian, karakteristik, hingga keuntungan tinggal di perumahan cluster. Dengan memahami informasi ini, Anda dapat lebih memahami konsep rumah cluster dan mempertimbangkannya sebagai pilihan hunian yang sesuai dengan kebutuhan serta gaya hidup.

 

Apa itu Perumahan Cluster? 

Perumahan cluster adalah salah satu jenis properti residential yang terbilang populer saat ini. Dibangun dalam suatu komplek, perumahan cluster umumnya terdiri dari puluhan hingga ratusan unit dengan desain dan ukuran yang seragam. Ciri khas konsep rumah cluster adalah tidak adanya pagar pada bagian depan melainkan hanya dipisahkan oleh tembok beton.

 

Selain itu, keunikan lain dari rumah cluster adalah kelengkapan fasilitas penunjangnya. Mulai dari keamanan 24 jam, taman bermain, lapangan olahraga, hingga berbagai fasilitas lainnya untuk menunjang kenyamanan hidup para penghuni.

 

Salah satu daya tarik utama perumahan cluster adalah sistem keamanannya yang terbilang baik dan terjamin. Akses keluar masuk diawasi ketat oleh petugas keamanan, sehingga tidak sembarang orang bisa masuk tanpa izin. 

 

Bahkan, tamu yang berkunjung biasanya diminta menunjukkan identitas diri terlebih dahulu. Hal ini tentunya memberikan rasa aman dan nyaman bagi para penghuninya.

 

Karakteristik Perumahan Cluster 

Sama halnya dengan komplek lainnya, perumahan cluster juga memiliki karakteristik tersendiri yang membedakannya dengan perumahan lainnya. Karakteristik perumahan cluster adalah:

 

1. One Gate System 

Perumahan cluster menawarkan sistem keamanan terpadu dengan penerapan one gate system. Sistem ini membatasi akses keluar masuk hanya melalui satu gerbang utama yang diawasi oleh petugas keamanan selama 24 jam. Adapun keuntungan one gate system dari perumahan cluster adalah:

 

  • Kontrol akses ketat: petugas dapat dengan mudah memantau siapa saja yang masuk dan keluar dari area perumahan, sehingga meminimalkan potensi tindak kriminalitas.
  • Keamanan dan kenyamanan terjamin: penghuni merasa lebih aman dan nyaman karena hanya orang-orang yang berkepentingan diizinkan masuk.
  • Pemantauan terus menerus: gerbang masuk dilengkapi kamera CCTV untuk merekam setiap aktivitas keluar masuk, sehingga dapat membantu meningkatkan keamanan dan sebagai bukti jika terjadi insiden.

 

2. Desain Bangunan Sama 

Sesuai dengan maknanya, rumah cluster memiliki desain bangunan yang seragam dalam satu komplek. Hal ini membedakannya dengan area komplek secara keseluruhan, di mana desain rumah cluster akan terlihat berbeda dari desain rumah sebelumnya. Strategi ini sengaja diterapkan untuk menciptakan daya tarik pada setiap komplek perumahan cluster.

 

Dengan desain yang seragam, cluster menciptakan identitas dan estetika yang khas bagi komplek perumahannya. Keunikan ini dapat menjadi daya tarik bagi calon pembeli yang mencari hunian dengan nuansa berbeda dan memiliki rasa komunitas yang lebih erat.

 

Perbedaan desain antara cluster dan area komplek secara keseluruhan juga memberikan nilai estetika tambahan. Hal ini menunjukkan bahwa pengembang telah memperhatikan secara cermat detail desain dan berusaha untuk menciptakan hunian yang menarik dan berbeda dari yang lain.

 

3. Tanpa Pagar 

Berbeda dengan rumah pada umumnya, perumahan cluster memiliki ciri khas yaitu tidak adanya pagar pembatas antar unit. Hal ini dikarenakan konsep perumahan cluster yang menggunakan sistem gerbang tunggal (one gate system). Keamanan area perumahan dipusatkan pada gerbang utama yang dijaga oleh petugas keamanan selama 24 jam.

 

Sebagai gantinya, setiap unit rumah dibatasi oleh dinding beton di area luarnya. Dinding beton ini berfungsi untuk menjaga privasi dan keamanan penghuni. Selain itu, area komplek perumahan cluster secara keseluruhan juga dibatasi oleh tembok tinggi yang mengelilingi area tersebut.

 

Desain tanpa pagar ini memberikan kesan yang lebih terbuka dan lega pada area perumahan. Penghuni juga dapat berinteraksi dengan mudah antar tetangga karena tidak terhalang oleh pagar.

 

Kelebihan Tinggal di Perumahan Cluster 

Saat memilih komplek tempat tinggal, tentunya ada beberapa faktor yang menjadi pertimbangan, salah satunya adalah kelebihan dari perumahan. Berikut adalah kelebihan dari perumahan cluster:

 

1. Minim Polusi Udara 

Perumahan cluster artinya komplek yang dirancang dengan mempertimbangkan kelestarian alam. Hal ini terlihat dari banyaknya taman dan pepohonan rindang yang ditanam di area perumahan. Desain ini bertujuan untuk menciptakan lingkungan yang nyaman dan asri bagi para penghuninya. 

 

Keberadaan taman dan pepohonan ini berfungsi untuk membantu mengurangi polusi udara dan membuat suasana terasa lebih sejuk. Selain itu, suara bising dari luar juga dapat teredam dengan baik, sehingga menciptakan lingkungan yang tenang dan damai. Singkatnya, tinggal di perumahan cluster menawarkan kenyamanan dan ketenangan yang tidak mudah ditemukan di hunian lain.

Perumahan cluster adalah

 

2. Keamanan Terjamin 

Jenis perumahan ini terkenal dengan sistem keamanannya yang tinggi. Hal ini dibuktikan dengan penggunaan one gate system, di mana akses keluar masuk hanya melalui satu pintu utama yang dijaga oleh petugas keamanan selama 24 jam.

 

Tak hanya itu, untuk meningkatkan keamanan, petugas melakukan patroli rutin mulai pukul 10 malam. Dengan sistem keamanan terintegrasi ini, Anda tidak perlu khawatir tentang keamanan rumah dan lingkungan dari pencuri atau orang tak dikenal.

 

3. Lingkungan Aman Bagi Anak-Anak 

Salah satu daya tarik utamanya adalah sistem keamanannya yang terjamin. Hal ini tentu menjadi nilai plus bagi keluarga yang memiliki anak kecil karena mereka dapat bermain dengan lebih bebas dan aman di lingkungan rumah tanpa perlu khawatir terhadap orang asing atau kendaraan yang berlalu lalang.

 

4. Fasilitas Bersama yang Lengkap

Tinggal di perumahan ini menawarkan banyak keuntungan, salah satunya adalah tersedianya berbagai fasilitas lengkap untuk menunjang gaya hidup para penghuninya. Fasilitas ini meliputi ruang hijau terbuka untuk bersantai dan berolahraga, jogging track, taman bermain anak yang aman dan menyenangkan, kolam renang, dan gym untuk menjaga kebugaran.

 

Pada intinya, perumahan cluster adalah pilihan terbaik bagi Anda yang ingin mempunyai tempat tinggal aman dengan berbagai fasilitas lengkap. Perumahan ini bisa menjadi salah satu opsi lingkungan impian keluarga kecil Anda. 

 

Jika Anda tertarik untuk tinggal di perumahan cluster, segera kunjungi Eco Town Sawangan sekarang juga! Kota mandiri impian ini menawarkan kompleks perumahan yang mempunyai desain mewah, fasilitas lengkap, mulai dari taman, jogging track, hingga lingkungan yang asri dikelilingi pepohonan serta danau. 

 

Apabila Anda tertarik melihat katalognya, kunjungi Hannam di Eco Town Sawangan dan lihat bagaimana desain serta penawaran menarik yang tersedia. Dapatkan unit Anda dengan menghubungi kami atau kunjungi show unit di Jl.Raya Bojongsari No.18, Bojongsari Lama, Kec. Bojongsari, Kota Depok, Jawa Barat.