Eco Town at Sawangan

5 Contoh Site Plan Perumahan, Pembeli Wajib Tahu!

site plan perumahan

Site plan adalah salah satu elemen penting dalam perencanaan membangun sebuah hunian. Memahami hal ini dan elemen-elemennya tentu menjadi hal yang penting bagi Anda sebagai pengembang perumahan, arsitek, maupun calon pembeli rumah. Sedangkan, site plan perumahan adalah gambar atau denah yang menunjukkan tata letak bangunan, fasilitas, dan infrastruktur di dalam suatu kawasan cluster. Lantas, bagaimana contohnya?

 

Artikel ini bertujuan untuk menjelaskan apa itu site plan untuk perumahan, elemen-elemen pentingnya, dan contohnya yang baik. Mari, simak ulasan berikut ini. 

 

Baca Juga: Perumahan Elit di Depok dengan Fasilitas Lengkap

 

Apa itu Site Plan Perumahan?

Site plan perumahan adalah gambar dua dimensi yang menggambarkan detail pembangunan dan seluruh elemen penunjang dalam suatu kawasan perumahan. Desain site plan perumahan sendiri digambarkan dalam skala tertentu yang menunjukkan denah tanah dan rencana penggunaannya. 

 

Sementara itu, denah ini juga menunjukkan rencana pembangunan di masa depan, termasuk garis kontur tanahnya serta kavling tapak dan elemen pendukung yang menjadi dua bagian penting dalam pembuatan site plan. Kavling tapak membatasi area pembangunan rumah. Jalan, taman, dan saluran air menunjang kenyamanan dan kelancaran kehidupan penghuni.

 

Contoh Site Plan Perumahan

 

Fungsi Site Plan Perumahan

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, tata letak perumahan merupakan gambaran detail dari tata letak bangunan dan fasilitas dalam suatu kawasan perumahan. Fungsi utama site plan tidak hanya untuk menarik minat calon pembeli, tetapi juga sebagai dokumen penting dalam proses perizinan pembangunan. 

 

Perlu diketahui, tata letak wajib diajukan kepada pemerintah daerah terlebih dahulu saat mengurus Izin Mendirikan Bangunan (IMB). Bagi calon pembeli, site plan perumahan dapat menjadi sumber informasi yang berharga untuk:

 

  • Memvisualisasikan tata letak rumah: site plan memberikan gambaran jelas tentang bagaimana setiap rumah akan ditata dalam kawasan, termasuk jarak antar rumah, akses jalan, dan lokasi fasilitas umum.
  • Memilih lokasi yang ideal: dengan melihat tata letak perumahan, calon pembeli dapat memilih lokasi yang sesuai dengan kebutuhan dan preferensi mereka, seperti dekat dengan taman, fasilitas bermain anak, atau akses jalan utama.
  • Menilai potensi investasi: tata letak dapat membantu calon pembeli untuk menilai potensi investasi properti di masa depan, dengan mempertimbangkan faktor-faktor seperti pertumbuhan kawasan dan infrastruktur di sekitarnya.

 

Oleh karena itu, memahami site plan merupakan langkah penting bagi calon pembeli dalam memilih hunian yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan mereka.

 

Baca Juga: Mengenal Perumahan Cluster: Karakteristik dan Keuntungannya

 

Isi Site Plan Perumahan

Sebelum membuat tata letak, Anda perlu tahu terlebih dahulu apa saja isinya. Isi tata letak perumahan ibarat peta yang menuntun Anda menelusuri detail dan fasilitas yang ditawarkan. Dokumen site plan, Anda dapat membayangkan dengan jelas bagaimana lingkungan tempat tinggal di masa depan. Berikut adalah isi dari peraturan site plan perumahan: 

 

  • Area bangunan: menunjukkan lokasi dan bentuk bangunan utama, seperti rumah, ruko, dan fasilitas umum.
  • Area parkir: menunjukkan lokasi dan kapasitas area parkir yang tersedia.
  • Jaringan jalan: menunjukkan jalur jalan dan aksesibilitas di dalam kawasan.
  • Saluran air: menunjukkan letak dan sistem pembuangan air hujan dan limbah.
  • Jaringan listrik dan penerangan: menunjukkan jalur kabel dan lokasi lampu penerangan.
  • Kontur tanah: menunjukkan kemiringan dan ketinggian permukaan tanah.
  • Sistem drainase: menunjukkan alur air hujan dan sistem pembuangan air.
  • Area hijau: menunjukkan lokasi taman, pohon, dan area terbuka lainnya.

 

Contoh Site Plan Perumahan

Perlu diingat, bahwa setiap tata letak memiliki keunikan dan karakteristiknya sendiri, yang disesuaikan dengan kondisi lahan, isi site plan denah rumah, konsep kawasan hunian, dan target pasar. Berikut adalah beberapa contoh site plan perumahan:

 

1. Site Plan Perumahan Modern Minimalis

Contoh tata letak jenis ini menunjukkan tata letak hunian modern minimalis dengan desain yang sama dan lebih efisien. Tak hanya itu, tata letak perumahan juga terdiri dari beberapa tipe rumah dengan luas yang berbeda-beda, serta dilengkapi dengan fasilitas umum seperti taman, kolam renang, dan area bermain anak. 

 

2. Site Plan Cluster

Pada contoh tata letak perumahan cluster, dengan tersebut menunjukkan tata letak cluster dengan konsep privasi dan keamanan yang tinggi. Perumahan ini umumnya terdiri dari beberapa cluster yang dikelilingi oleh tembok dan dilengkapi dengan pintu gerbang. Setiap cluster memiliki taman dan area bermain anak sendiri.

Site Plan Perumahan Cluster

 

3. Site Plan Townhouse

Contoh  ini menunjukkan tata letak perumahan townhouse dengan desain yang vertikal. Townhouse terdiri dari beberapa unit yang berdempetan, dengan masing-masingnya memiliki dua atau tiga lantai. 

 

4. Site Plan Resort

Cluster resort memiliki tata letak yang menunjukkan tata letak sesuai dengan konsep wisata dan rekreasi. Perumahan ini umumnya terletak di kawasan wisata dan dilengkapi dengan fasilitas-fasilitas seperti hotel, restoran, dan lapangan golf.

 

5. Site Plan Vertikal

Terakhir, tata letak vertikal menunjukkan tata letaknya sesuai dengan desain yang tinggi dan ramping. Perumahan ini umumnya terletak di kawasan perkotaan yang padat dan memanfaatkan lahan secara optimal.

 

Perlu diingat bahwa tata letak perumahan hanya merupakan gambaran visual dan tidak selalu mencerminkan kondisi yang sebenarnya. Oleh sebab itu, calon pembeli wajib melakukan survei langsung ke lokasi untuk memeriksa kondisi dan kualitas properti sebelum memutuskan membeli.

 

Site plan merupakan salah satu elemen penting dalam perencanaan cluster yang menunjang tata letak secara optimal, efisien, dan estetik. Dengan desain yang baik, Anda dapat meningkatkan kualitas hidup penghuni dan nilai investasi di kawasan perumahan.

 

Apabila Anda tertarik dengan site plan mewah dan berkelas, kunjungilah Hannam at Eco Town yang merupakan kompleks perumahan di Sawangan Depok dengan berbagai fasilitas lengkap untuk menunjang kenyamanan penghuninya. Hannam Residential terdiri dari 3 kategori yaitu Luxe Enclave, Luxe Maison, Luxe Manor. Dimana masing-masing tipe rumah ini memiliki ciri khas masing-masing,

 

Menarik bukan? Dapatkan unit Anda dengan menghubungi kami atau kunjungi show unit di Jl. Raya Bojongsari No.18, Bojongsari Lama, Kec. Bojongsari, Kota Depok, Jawa Barat.

 

Baca Juga: Residensial – Definisi, Kelebihan, & Kekurangannya