Eco Town at Sawangan

8 Tips Memilih Posisi Rumah di Perumahan, Wajib Tahu!

tips memilih posisi rumah di perumahan

Selain mempertimbangkan harga dan fasilitas, memilih posisi rumah yang tepat di perumahan penting untuk kenyamanan dan investasi jangka panjang. Lantas, bagaimana tips memilih posisi rumah di perumahan untuk mendapatkan hunian nyaman.

 

Dengan mengetahui beberapa tips dalam memilih posisi rumah hunian, Anda dapat membuat keputusan yang lebih sesuai dengan kebutuhan sebelum membeli rumah. Berikut ini adalah beberapa tips yang perlu Anda ketahui sebelum memilih posisi rumah.  Yuk, simak!

 

Tips Memilih Posisi Rumah di Perumahan

Memilih posisi rumah di perumahan adalah salah satu faktor penting yang menentukan kenyamanan, keamanan, dan nilai investasi Anda di masa depan. Oleh karena itu, berikut ini beberapa tips memilih posisi rumah di perumahan yang perlu dipertimbangkan.

 

1. Lokasi yang Dekat Fasilitas Umum

Tips memilih posisi rumah di perumahan yang pertama adalah pilih lokasi yang dekat dengan fasilitas umum. Fasilitas umum, seperti taman, ruko, rumah sakit, atau sekolah sangat penting untuk kenyamanan dan kebutuhan sehari-hari Anda. Memilih rumah yang terletak dekat dengan fasilitas tersebut juga akan memudahkan aktivitas Anda. 

 

Selain itu, membeli rumh dengan fasilitas umum dapat meningkatkan nilai investasi properti sehingga berpotensi memberikan keuntungan besar jika suatu saat Anda memutuskan untuk menjualnya. 

tips memilih posisi rumah di perumahan

 

2. Aksesibilitas 

Berikutnya, salah satu pilihan posisi rumah yang bagus adalah yang dekat dengan pintu masuk perumahan. Rumah dengan posisi ini dapat memudahkan akses dari jalan utama dan mobilitas Anda. Rumah yang mudah dijangkau, terutama berdekatan dengan gerbang masuk akan mempermudah Anda saat ingin keluar rumah atau menerima tamu. 

 

Selain dari segi kenyamanan, rumah yang berdekatan dengan pintu masuk juga memiliki nilai tambah dari perspektif bisnis, terutama jika Anda berencana untuk menjalankan usaha di rumah. Lokasi rumah yang strategis dekat dengan gerbang juga memiliki nilai jual rumah atau properti yang lebih tinggi di masa depan.

 

3. Keamanan

Selanjutnya, tips memilih rumah di perumahan pastikan lingkungan perumahan aman dengan sistem keamanan yang baik, seperti pos keamanan dan CCTV. Perumahan yang memiliki keamanan lingkungan memberikan ketenangan bagi penghuninya.

 

4. Arah Mata Angin dan Posisi Matahari

Tips memilih rumah di perumahan berikutnya adalah dengan memperhatikan arah rumah terhadap matahari. Sebaiknya, sebelum Anda membali rumah hunian, pilihlah rumah yang menghadap ke arah timur agar dapat menikmati sinar matahari secara langsung dengan intensitas yang memadai. 

 

Rumah yang menghadap ke timur akan menerima cahaya matahari lebih awal dan bisa membantu menghemat penggunaan listrik. Selain itu, rumah yang terpapar sinar matahari sering juga dianggap lebih sehat.

 

5. Pertimbangkan Posisi Rumah Hook

Posisi rumah hook merupakan salah satu tips memilih rumah di perumahan yang perlu Anda pertimbangkan. Hal ini karena posisi rumah hook sering dianggap sangat strategis. Rumah hook terletak di bagian ujung ruas jalan perumahan dan memiliki kelebihan berupa lahan yang lebih luas dibandingkan rumah-rumah lainnya. 

 

Keunggulan lainnya dari posisi rumah hook adalah lokasinya yang strategis sehingga cocok untuk dijadikan sebagai investasi karena berada di ujung jalan.

tips memilih posisi rumah di perumahan

 

6. Perhatikan Kondisi Tanah

Sebelum membeli rumah dan memilih posisi rumah di perumahan, penting untuk memperhatikan kondisi tanah sekitarnya. Evaluasi topografi tanah dan pertimbangkan apakah rumah berada di dataran tinggi, lereng, atau dataran rendah. 

 

Meskipun rumah di dataran tinggi atau lereng bisa menawarkan pemandangan indah dan sirkulasi udara yang baik, perhatikan juga risiko banjir atau longsor jika rumah berada di dataran rendah dan lereng curam. Selain itu, pastikan bahwa tanah di sekitar rumah stabil dan tidak memiliki masalah drainase serius.

 

7. Perhatikan Pemandangan dan Lingkungan Sekitar

Tips memilih posisi rumah di perumahan berikutnya adalah memperhatikan pemandangan dan lingkungan sekitar. Pertimbangkan apakah Anda lebih menyukai pemandangan gunung, danau, atau taman hijau. Sebaiknya, pilihlah posisi rumah yang menawarkan pemandangan sesuai dengan preferensi Anda. 

 

Selain itu, pastikan juga lingkungan sekitar rumah menyediakan udara segar dan kebersihan yang baik. Tinggal di lingkungan yang alami dan menyegarkan dapat meningkatkan kualitas hidup dan kesejahteraan Anda.

 

8. Hindari Posisi Rumah Tusuk Sate

Tips memilih posisi rumah di perumahan untuk hunian yang terakhir adalah menghindari posisi rumah tusuk sate. Rumah tusuk sate adalah rumah yang berada di ujung persimpangan atau jalan lurus tanpa tikungan. 

 

Mitos yang diyakini banyak orang menyebutkan bahwa rumah tusuk sate dapat membawa nasib sial dan mengganggu kesehatan penghuninya. Menurut beberapa ahli fengshui, rumah tusuk sate dapat memblokir energi positif dan mengakibatkan akumulasi energi negatif di dalam rumah. 

 

Namun, keputusan untuk memilih atau menghindari rumah tusuk sate bergantung pada keyakinan dan preferensi Anda. Jika Anda mempercayai mitos tersebut dan ingin menghindari energi negatif, maka sebaiknya tidak perlu memilih rumah tusuk sate. Akan tetapi, jika Anda tidak terpengaruh mitos dan menginginkan kebebasan dalam mendesain fasad, rumah tusuk sate bisa menjadi pilihan.

 

Itu dia beberapa tips memilih posisi rumah di perumahan yang bisa Anda coba. Dengan memperhatikan tips ini, Anda dapat memilih posisi rumah yang ideal di perumahan dan menikmati kenyamanan serta keamanan jangka panjang.

 

Sering kali, menemukan perumahan yang tepat dengan fasilitas lengkap dan lokasi ideal tidaklah mudah. Namun, Anda tidak perlu khawatir karena kini Anda bisa memiliki hunian dengan fasilitas lengkap dan lokasi strategis di Hannam di Eco Town.

 

Hannam Eco Town adalah perumahan elit dengan fasilitas premium yang lengkap dan modern yang terletak di Sawangan, Kota Depok, sehingga menjadikannya kota mandiri. Dikelilingi oleh pepohonan rindang serta danau yang luas, Eco Town menawarkan lingkungan asri dan harmonis.

 

Lebih dari itu, Eco Town mengutamakan kesehatan dengan menghadirkan rumah sakit internasional pertama di Depok. Eco Town mewujudkan lingkungan yang baik untuk membangun hidup yang lebih seimbang.

 

Jadi, ayo wujudkan hunian impian Anda dengan menghubungi kami atau kunjungi show unit di Jl.Raya Bojongsari No.18, Bojongsari Lama, Kec. Bojongsari, Kota Depok, Jawa Barat.