Eco Town at Sawangan

8 Tips Membeli Rumah Impian untuk Hindari Kerugian

tips membeli rumah

Seperti ungkapan “rumah adalah tempat di mana kita harus merasa aman dan nyaman”, Anda sekeluarga harus dapat merasakan kehangatan sebuah rumah sebagaimana mestinya. Pasalnya, rumah merupakan bagian esensial dari kehidupan rumah tangga, sehingga Anda harus mengetahui apa saja tips membeli rumah yang baik demi masa depan keluarga. Dengan begitu, Anda akan terhindar dari berbagai masalah pembelian rumah.

 

Sebenarnya, pertimbangan membeli rumah merupakan hal mendasar yang perlu Anda pikirkan secara matang. Anda perlu berhati-hati, mengetahui berbagai fasilitas, dan memastikan kondisi rumah yang layak untuk ditinggali. Untuk tips lebih lanjut, simak penjelasan berikut ini sampai tuntas.

 

Tips Membeli Rumah yang Aman

Rumah yang memberikan rasa aman dan nyaman adalah impian setiap keluarga. Namun, sebelum memilikinya, Anda perlu memastikan banyak hal agar mendapat yang terbaik. Untuk mewujudkannya, Anda harus memahami tips membeli rumah di bawah ini dengan saksama.

 

1. Tentukan Besar Budget Membeli Rumah

Cara beli rumah di perumahan yang pertama adalah mengevaluasi keuangan dengan cermat. Sebelumnya, tentukan apakah akan membayar secara cash atau mencicil. Jika memiliki budget lebih, lebih baik lunasi secara penuh.

 

Jika memilih untuk mencicilnya, Anda harus memperkirakan biaya uang muka, cicilan bulanan, dan biaya-biaya terkait lainnya.  Dengan demikian, perhitungan pengeluaran Anda untuk memiliki rumah dapat lebih terencana. 

 

2. Bersihkan Jejak Kredit Anda

Bagi Anda yang ingin mengajukan KPR rumah ke bank, lunasi terlebih dahulu pinjaman yang masih tersisa. Hal ini harus dilakukan karena bank akan menelusuri jejak kredit Anda sebelum menyetujui KPR. Tak jarang, banyak pemohon KPR tidak lolos karena masih memiliki tanggungan di bank.

 

Oleh sebab itu, Anda harus menjaga rekam jejak kredit dengan baik dengan cara rajin membayar cicilan dan memastikan tiada kendala pembayaran pinjaman di bank. 

 

3. Pilih Lokasi yang Strategis

Pertimbangan tips membeli rumah selanjutnya adalah lokasi rumah yang akan dibeli. Jika Anda memiliki aktivitas yang padat dan mobilitas tinggi, sebaiknya memilih rumah yang dekat dengan pusat kota. Hal ini dikarenakan beberapa fasilitas umum, seperti, rumah sakit, pusat perbelanjaan, bank, sekolah bisa Anda akses dengan mudah.

 

Jika Anda ingin kehidupan yang lebih tenang, maka perumahan atau rumah di pinggir kota dapat menjadi pilihan yang tepat. Namun kembali lagi, semua tergantung pada kebutuhan dan tujuan hidup Anda bersama keluarga. 

Tips membeli rumah

 

4. Amati Kondisi Bangunan dan Lingkungan Sekitar

Tips membeli rumah agar tidak tertipu lainnya adalah mengamati kondisi bangunan secara menyeluruh. Dengan mengamati bagian-bagian rumah dari depan sampai belakang dengan saksama, Anda dapat mencegah keputusan yang merugikan di masa depan. Pastikan semua sisi rumah layak untuk dibeli dengan harga yang ditawarkan. 

 

Untuk lebih teliti dalam mengamati kondisi bangunan, sebaiknya ajak ahli bangunan atau orang yang berpengalaman dalam mengamati rumah. Dengan cara ini, Anda dapat menghindari penipuan kondisi bangunan oleh penjual

 

Selain itu, Anda juga harus mempertimbangkan lingkungan sekitar rumah Anda, pastikan lingkungan tersebut aman dari bahaya dan nyaman untuk keluarga Anda. Meskipun terdengar sepele, Anda dapat melakukan riset terlebih dahulu terhadap lingkungan rumah tersebut.

Tips membeli rumah

 

5. Periksa Kelengkapan Dokumen dan Perizinan

Tips beli rumah agar tidak tertipu selanjutnya adalah memeriksa seluruh dokumen legal dan perizinan terkait pembangunan rumah. Pemilik rumah perlu memegang dokumen autentik, seperti Izin Mendirikan Bangunan (IMB), surat Izin Penggunaan Bangunan (IPB), perencanaan lokasi pembangunan, dan surat Izin Penunjukan Penggunaan Tanah (IPPT).

 

Memiliki dokumen yang sah dan lengkap akan menghindarkan Anda dari kejadian-kejadian tidak mengenakkan di masa mendatang, seperti sengketa tanah atau hal lainnya yang bertentangan dengan hukum.

 

6. Pertimbangkan Risiko Bencana

Memperhatikan dan mengevaluasi risiko bencana adalah tips membeli rumah yang tidak boleh Anda lewatkan. Mengingat rumah seharusnya menjadi tempat yang nyaman dan aman untuk berkumpulnya keluarga, tentu Anda harus menghindari rumah dengan posisi di bawah tanah rawan longsor atau di daerah banjir.

 

Apabila Anda menemukan kejanggalan terkait lokasi, keamanan bangunan, dan sesuatu yang belum Anda pahami, tak ada salahnya bertanya lebih lanjut dengan developer rumah. Dengan begitu, Anda dapat melakukan analisis lebih detail terhadap risiko bencana.

 

7. Pilih Developer Rumah yang Tepercaya

Tips membeli rumah agar tidak tertipu yang tak kalah penting adalah memilih developer rumah tepercaya. Untuk memeriksa integritas dan rekam jejaknya, Anda dapat meminta testimoni dan portofolio di proyek sebelumnya. 

 

Pastikan developer sudah terdaftar dalam asosiasi pengembang rumah yang dilindungi hukum. Dengan begitu, Anda tidak perlu merasa khawatir akan jalannya pembangunan rumah Anda.

 

8. Konsultasi dengan Ahli

Pertimbangan membeli rumah terakhir adalah berkonsultasi maupun meminta pendapat pihak ketiga, seperti keluarga atau notaris. Pihak ketiga tersebut akan membantu Anda menjawab pertanyaan seputar pembangunan rumah dan hukum-hukum yang berlaku.

 

Dengan bertambahnya wawasan tentang perumahan dari pendapat dan perspektif orang lain, Anda dapat mempertimbangkan lebih banyak hal sebelum memutuskan untuk membelinya, sehingga risiko penyesalan dapat diminimalkan. 

 

Itulah pembahasan lengkap mengenai tips membeli rumah agar aman. Setelah membaca tips di atas, kami berharap Anda bisa mengerti dan menerapkannya dengan baik. Apabila saat ini sedang mencari perumahan mewah di Depok yang memiliki ambience nyaman dan modern, maka Hannam di Eco Town Sawangan adalah pilihan terbaiknya.

 

Hannam di Eco Town Sawangan adalah sebuah township yang dikelilingi oleh berbagai sektor lengkap untuk menunjang kebutuhan penghuninya. Hannam Residential memiliki 3 tipe hunian yaitu Luxe Enclave, Luxe Maison, dan Luxe Manor. Selain itu, lingkungan yang asri dikelilingi oleh pepohonan dan danau menjadikannya hunian premium impian semua orang. 

 

Yuk, cari tahu lebih lanjut mengenai fasilitas hunian premium di Hannam di Eco Town Sawangan dengan menghubungi kami atau kunjungi show unit di Jl.Raya Bojongsari No.18, Bojongsari Lama, Kec. Bojongsari, Kota Depok, Jawa Barat.