Eco Town at Sawangan

Kenali 6 Jenis Kanopi Teras Rumah, Anti Hujan dan Panas!

jenis kanopi teras rumah

Kanopi adalah atap terpisah yang biasanya dipasang pada teras rumah. Terdapat beberapa jenis kanopi teras rumah yang umumnya ditemukan di Indonesia. Jenis-jenis kanopi tersebut dibedakan berdasarkan bahannya.

 

Baik di pemukiman residensial maupun komersial, kanopi kerap kali menjadi pilihan untuk melindungi teras dari terik matahari dan derasnya hujan. Kerangka kanopi biasanya terbuat dari bahan aluminium, besi, kayu, dan baja ringan. Adapun bahan kanopi dibuat lebih ringan daripada material atap bangunan utama.

 

Ragam material ringan kerap kali digunakan untuk membuat kanopi teras rumah yang berfungsi melindungi bangunan dari cuaca panas dan hujan. Jika ingin mencari jenis kanopi yang bagus dan cocok dengan kebutuhan hunian Anda, kenali dulu fungsi kanopi teras rumah pada pembahasan di bawah ini.

 

Fungsi Kanopi Teras Rumah

Dari beragam jenis kanopi teras rumah yang ada, fungsi utamanya secara umum serupa, yaitu untuk melindungi permukaan rumah bagian depan dari panasnya matahari dan derasnya tetesan air hujan.

 

Selain itu, kanopi teras rumah memiliki beberapa fungsi lain yang tidak kalah penting. Berikut adalah beberapa fungsi kanopi teras rumah yang perlu dicatat:

 

  • Membantu menjaga kesejukan.
  • Mencegah air hujan masuk ke dalam rumah.
  • Menjaga teras rumah tetap bersih.
  • Menutupi teras dari cahaya matahari.
  • Menambah nilai estetika rumah.
  • Meningkatkan daya tarik properti.

 

Penggunaan kanopi teras rumah utamanya ditujukan untuk menjaga kesejukan rumah. Ketika rumah terasa sejuk, maka penggunaan kipas angin dan AC dapat dikurangi. Dengan begitu, Anda dapat menghemat biaya listrik dan mengalokasikan budget untuk keperluan rumah tangga lain.

 

Di samping kegunaannya, kanopi teras rumah dapat menunjang penampilan depan suatu hunian. Ragam jenis kanopi teras rumah menawarkan berbagai pilihan estetika untuk bangunan rumah dengan bermacam-macam gaya. Dengan jenis kanopi yang tepat, teras rumah pun tidak akan aman dari panas dan hujan, namun juga membuat tampilan bangunan terlihat lebih menarik. 

 

Jenis Kanopi Teras Rumah

Jenis Kanopi Teras Rumah

 

Pemasangan kanopi teras rumah dapat memberikan banyak manfaat, termasuk kenyamanan dalam bentuk sirkulasi kesejukan dalam bangunan. Di samping nilai fungsinya, jenis kanopi teras rumah yang dipilih perlu diserasikan dengan model bangunan. Adapun beberapa jenis kanopi teras rumah yang umumnya digunakan di Indonesia adalah sebagai berikut:

 

1. Kanopi Kaca

Kanopi teras rumah berbahan kaca menawarkan keunikan tersendiri yang berkesan modern dan elegan. Kaca yang menerawang masih dapat melindungi permukaan teras dari panas dan hujan, namun tetap membuatnya terasa terbuka. Di samping itu, kaca juga dikenal memiliki daya tahan tinggi terhadap cuaca ekstrem.

 

Terdapat beberapa jenis kaca yang dapat dijadikan sebagai kanopi, yaitu kaca bening, berwarna, dan tempered. Meskipun tahan terhadap cuaca ekstrem, kaca mudah sekali pecah. Maka dari itu, pemasangan jenis kanopi teras rumah berbahan kaca perlu dilakukan oleh ahlinya agar prosesnya terjamin aman.

 

2. Kanopi Fiber

Terbuat dari serat sintetis, kanopi fiber termasuk aman digunakan di wilayah tropis seperti Indonesia. Jenis kanopi teras rumah yang terbuat dari sejumlah bahan kimia ini umumnya digunakan sebagai ventilasi cahaya. Dengan kata lain, kanopi fiber dapat membantu penyebaran cahaya pada bangunan yang kurang mendapatkan akses sinar matahari.

 

Kanopi fiber dibuat dari material serat yang kokoh sehingga tahan terhadap panas dan hujan. Meskipun begitu, kanopi fiber terbilang ringan dan tidak memberikan beban tambahan pada struktur bangunan. Tidak hanya itu, kanopi fiber cukup terjangkau dibandingkan dengan jenis lainnya. Pada pengaplikasiannya, kanopi fiber juga mudah dipasang dan dibersihkan, tanpa perlu perawatan khusus.

 

Baca juga: 7 Tips Memilih Posisi Rumah di Perumahan, Wajib Tahu! 

 

3. Kanopi Polycarbonate

Cocok untuk hunian dengan desain minimalis, kanopi polycarbonate terlihat rapi, elegan, dan modern. Polikarbonat terbuat dari plastik yang terlihat bening seperti kaca sehingga memiliki indeks bias cahaya cukup tinggi. Hal ini bisa membuat ruangan lebih terang.

 

Jenis kanopi polycarbonate memiliki beberapa rongga sehingga dapat menyerap panas matahari dan menyejukkan hunian. Bahan kanopi yang ringan membuat pemasangannya mudah. Meskipun ringan, polycarbonate tahan terhadap benturan ataupun cuaca ekstrem dan anti pecah.

 

4. Kanopi Alderon

Jika sering hujan di daerah Anda, maka sebaiknya pasanglah kanopi berbahan alderon. Terkenal dengan sifatnya yang anti bocor, jenis kanopi teras rumah ini mampu meredam suara hujan dengan efektif. Pembersihan kanopi pun mudah dilakukan dan tidak memerlukan perawatan khusus.

 

Mengingat bahan alderon yang anti bocor, ketahanannya terhadap karat menjadi salah satu karakteristik dan nilai jual utamanya. Terlebih lagi, fitur rongga udara twinwall pada jenis kanopi teras rumah ini mampu mengurangi rasa panas akibat terik matahari dan menjaga teras tetap sejuk.

 

5. Kanopi Onduline

Jika butuh peredam suara hujan, kanopi onduline bisa menjadi pilihan. Selain tahan air hujan, kanopi berbahan daur ulang ini juga sangat kokoh. Pasalnya, kanopi onduline bisa menopang beban hingga 0,9 ton. Meskipun daya tahannya tinggi, desain kanopi ini masih terbilang minimalis dan tidak monoton.

 

6. Kanopi Spandek

Jenis kanopi teras rumah terakhir terbuat dari bahan spandek yang merupakan campuran seng dan alumunium sangat tipis. Bahannya ringan dan mudah dipasang sehingga mengurangi beban terhadap struktur bangunan. Pembersihannya pun relatif mudah.

 

Dibandingkan dengan kanopi berbahan lainnya, spandek memiliki desain dan warna yang beragam. Maka dari itu, kanopi spandek cocok digunakan untuk rumah dengan desain minimalis modern. Bagi Anda yang memiliki budget terbatas, kanopi spandek bisa menjadi pilihan karena harganya yang lebih terjangkau daripada kebanyakan jenis kanopi teras rumah lainnya.

Nikmati Lingkungan Asri Hannam di Eco Town Sawangan!

Hannam Sawangan

 

Itulah pembahasan seputar beberapa jenis kanopi teras rumah yang umumnya digunakan di Indonesia. Pemasangan kanopi dapat melindungi teras rumah dari cuaca panas dan hujan dan membantu membuat hunian terasa lebih sejuk. Dengan kanopi yang tepat, Anda pun juga bisa menambah daya tarik hunian.

 

Selain pemasangan kanopi, Anda juga perlu memperhatikan lokasi hunian. Kanopi yang berkualitas tinggi pun tidak cukup efektif apabila lingkungan di sekitar rumah kurang asri. Jika masih bingung memilih lokasi yang tepat, Hannam di Eco Town Sawangan bisa menjadi pilihan. 

 

Lingkungannya asri dikelilingi dengan pepohonan hijau dan sungai membuatnya menjadi kawasan yang sejuk. Akses ke jalan tol maupun kendaraan umum pun mudah. Tidak hanya itu, Hannam Sawangan memiliki fasilitas lengkap dengan keamanan terjamin sehingga nyaman dihuni.

 

Ingin tahu lebih banyak tentang Hannam Sawangan? Hubungi kami atau kunjungi show unit di Jl. Raya Bojongsari No.18, Bojongsari Lama, Kec. Bojongsari, Kota Depok, Jawa Barat.

 

Baca juga: 10 Jenis Tanaman untuk Taman Depan Rumah yang Estetik