Eco Town at Sawangan

10 Jenis Tanaman untuk Taman Depan Rumah yang Estetik

tanaman untuk taman depan rumah

Terdapat beberapa jenis tanaman untuk taman depan rumah yang dapat meningkatkan estetika hunian Anda. Keberadaan tanaman hias di depan rumah memberikan kesan alami dan estetik pada rumah Anda. Oleh sebab itu, manfaatkan lahan di depan rumah Anda untuk menanam berbagai jenis tanaman hias guna menambah kehindahan rumah.

 

Untuk Anda yang masih bingung dalam menentukan jenis tanaman apa yang cocok untuk ditanam di depan rumah, simak artikel ini sampai selesai.

 

Jenis Tanaman untuk Taman Depan Rumah

Perlu diketahui, selain bisa meningkatkan estetika, ada beberapa jenis tanaman untuk taman depan rumah yang bisa memberikan manfaat kesehatan. Berikut merupakan jenis-jenis tanaman untuk taman depan rumah yang perlu Anda ketahui.

 

1. Gelombang Cinta

Sama seperti namanya, tanaman untuk taman depan rumah yang satu ini memiliki bentuk daun yang bergelombang. Bentuk daunnya yang bergelombang menjadi salah satu alasan kenapa tanaman hias ini menjadi favorit banyak orang. Selain itu, dengan warnanya hijau segar, bunga ini bisa memberikan kesan alami sekaligus mewah apabila diletakkan di lingkungan rumah.

 

2. Bougenville

Sering juga disebut sebagai bunga kertas, tanaman untuk taman depan rumah yang satu ini diminati banyak masyarakat Indonesia karena perawatannya yang mudah. Selain itu, pertumbuhan dari bunga taman depan rumah ini tergolong cepat dan bisa mencapai ketinggian hingga 10 meter.

 

Lebih lagi, warna dan jenis dari bunga ini sangat beragam, seperti california gold, afterglow, coconut ice, cherry blossom, dan sebagainya. Ada juga jenis cangkok yang memiliki warna bunga beragam dalam satu pohon.

tanaman untuk taman depan rumah

 

3. Palem

Jenis tanaman untuk taman depan rumah selanjutnya adalah palem. Dengan berbagai macam ukuran yang bisa disesuaikan dengan luas taman atau halaman, palem bisa menjadi pilihan menarik untuk depan rumah Anda.

 

Ada beberapa jenis palem yang cocok untuk ditanam di depan rumah salah satunya adalah palem raja. Palem raja dapat tumbuh mencapai ketinggian 25 meter dan memiliki susunan daun yang mirip seperti mahkota seorang raja. Palem jenis ini cocok untuk Anda yang memiliki halaman rumah yang luas. 

 

4. Sri Rezeki

Tanaman untuk taman depan rumah ini menjadi favorit banyak orang karena memiliki makna spesial. Sebagian orang percaya, bahwa tanaman sri rezeki dapat membawa rezeki bagi pemilik rumah.

 

Mengesampingkan kepercayaan tersebut, tanaman ini juga memiliki penampilan yang menarik di mana daunnya memiliki corak berwarna merah yang indah. Tak hanya itu, tanaman ini juga mudah untuk dirawat. 

 

5. Bunga Hydrangea

Sering disebut sebagai bunga bokor, tanaman ini cocok untuk taman depan rumah karena penampilannya yang unik. Bunga-bunga mungil tumbuh rimbun pada setiap tangkainya, memberikan kesan yang indah dan menarik perhatian. Dalam satu tangkai bisa ditumbuhi banyak bunga-bunga mungil sehingga tampak sangat rimbun. Selain itu, warna dari bunga ini juga beragam, mulai dari biru, ungu, merah muda, dan lain-lain.

 

6. Monstera

Nama lain dari tanaman untuk taman depan rumah ini adalah philo. Dengan penampilannya yang unik, yakni terdapat lubang-lubang pada daunnya, tanaman ini dapat membuat tampilan rumah Anda semakin estetik.

 

Selain itu, perawatan tanaman ini juga tidak sulit karena tidak perlu terkena paparan cahaya matahari dalam waktu yang lama. Salah satu jenis tanaman yang populer adalah monstera deliciosa variegata yang memiliki corak warna putih serta lubang-lubang estetik pada daunnya.

 

7. Sansevieria

Sansevieria atau lidah mertua merupakan tanaman untuk taman depan rumah yang tahan panas serta hujan. Selain daya tahannya, tanaman ini juga bisa memberikan manfaat kesehatan dengan mengurangi tingkat kelembapan di lingkungan rumah Anda.

 

Salah satu jenis dari tanaman ini yang sering dicari adalah sanseviera trifasciata. Jenis ini memiliki penampilan yang menarik dengan garis kuning yang melingkupi ujung dari tanaman ini. Oleh karena itu, sansevieria dapat dijadikan pilihan untuk rumah Anda.

 

8. Lili Paris

Dengan harga yang terjangkau, yakni berkisar Rp10 ribu-an saja per potnya, tanaman untuk taman depan rumah yang satu ini juga bisa memberikan manfaat kesehatan untuk Anda. Lili paris mampu membersihkan udara kotor dan menjaga kelembapan udara di lingkungan rumah Anda. Lili paris memiliki ukuran yang kecil, sehingga Anda tidak perlu memikirkan cara khusus untuk menata taman depan rumah. Tanaman ini bisa bisa ditempatkan di mana saja dengan mudah.

 

9. Bambu Jepang

Sama seperti namanya, tanaman untuk taman depan rumah ini bisa memberikan kesan model Jepang pada rumah Anda. Apabila dirawat dengan baik, tanaman ini dapat tumbuh semakin rimbun dan menambah keindahan taman depan rumah Anda. Oleh karena itu, tanaman ini dapat memberikan kesan sejuk dan menyegarkan di lingkungan rumah Anda. Tak hanya itu, bambu Jepang juga diyakini sebagian orang dapat menghalau energi-energi negatif yang berpotensi mengganggu penghuni rumah.

 

10. Bunga Anggrek

Rekomendasi tanaman yang terakhir ini memiliki aroma bunga yang wangi. Selain itu, penampilan bunga Anggrek juga sangat estetik. Namun, ketika hendak menanam bunga ini, pastikan untuk memilih tanaman inang yang sesuai agar bunga tersebut dapat tumbuh dengan baik.

 

Itulah beberapa informasi mengenai tanaman untuk taman depan rumah yang perlu Anda ketahui. Selain taman depan, desain arsitektur bangunan juga berperan besar dalam meningkatkan estetika hunian Anda. Terutama jika rumah Anda berada di posisi hook, yang memungkinkan taman depan rumah memiliki ukuran lebih luas. Untuk Anda yang menginginkan hunian dengan desain arsitektur elegan, maka Hannam di Eco Town Sawangan bisa menjadi pilihan utama Anda.

Hannam Sawangan Eco Town

Hannam di Eco Town menawarkan hunian premium dengan arsitektur elegan dan dilengkapi berbagai macam fasilitas yang bisa Anda nikmati, seperti outdoor gym hingga jogging path. Selain itu, Hannam juga memiliki lokasi yang strategis di Depok sebagai kota mandiri. Jadi, tak perlu ragu lagi untuk menghubungi kami atau kunjungi show unit di Jl.Raya Bojongsari No.18, Bojongsari Lama, Kec. Bojongsari, Kota Depok, Jawa Barat.