Eco Town at Sawangan

Inspirasi Rumah Open Space, Kelebihan, dan Kekurangannya

rumah open space

Saat ini, konsep rumah open space sangat diminati dan populer di kalangan anak muda. Bagaimana tidak, karena konsep rumah ini bisa membuat rumah Anda yang berukuran kecil terlihat menjadi lebih luas.

 

Konsep rumah dengan desain ruang terbuka ini juga banyak dikenal dengan sebutan open and multipurpose space atau open and multifunction floor. Artinya, konsep hunian ini memiliki tujuan agar ruangan yang ada di dalam rumah bisa dimanfaatkan untuk berbagai aktivitas.

 

Bagi Anda yang sedang merencanakan pembangunan rumah dengan konsep open space, yuk baca informasi lengkap mengenai konsep rumah open space hingga inspirasi desainnya di artikel ini!

 

Apa itu Rumah Open Space?

Rumah open space adalah rumah dengan konsep yang menghilangkan dinding partisi dan menggabungkan dua atau lebih ruangan. Konsep ini sudah banyak diadaptasi sebagai salah satu cara untuk memanfaatkan lahan atau ruangan yang berukuran kecil agar terlihat lebih luas dan lega.

 

Jika Anda menginginkan konsep hunian yang praktis dengan utilitas ruangan yang multifungsi tanpa menghilangkan kesan estetika, maka konsep hunian ini sangat cocok untuk Anda.

 

Ruangan yang digabungkan dalam konsep open space ini biasanya memiliki fungsinya tersendiri dan saling berhubungan dengan ruang lainnya. Ruangan yang sering digabungkan dalam konsep hunian ini biasanya ruang keluarga dengan ruang tamu, dapur dan ruang makan, serta ruang keluarga dan ruang makan.

 

Hunian yang seperti itu biasanya akan memunculkan kesan rumah open space minimalis dan elegan. Selain itu, suasana yang diciptakan juga lebih santai dan interaktif.

 

Baca juga: Rekomendasi Desain Ruko 3 Lantai yang Nyaman dan Unik 

 

Inspirasi Desain Rumah Open Space

Terdapat beberapa desain rumah open space yang bisa Anda terapkan. Adapun beberapa desainnya adalah sebagai berikut.

 

1. Rumah Open Space 1 Lantai

 

Rumah Open Space 1 Lantai

 

Denah dari desain rumah open space 1 lantai biasanya menyatukan ruang makan dengan ruang keluarga tanpa diberi sekat. Hal ini membuat ruangan keluarga menjadi lebih luas. Selain itu, Anda juga bisa menambahkan tanaman pada halaman depan dan belakang rumah agar lebih asri. Dinding pada area halaman belakang dapat diganti dengan dinding kaca agar cahaya matahari bisa masuk secara optimal.

 

2. Rumah Open Space 2 Lantai

 

Rumah Open Space 2 Lantai

 

Konsep desain rumah open space 2 lantai biasanya tetap mengutamakan adanya privasi dari luar. Jadi, ruang gerak yang ada menjadi lebih fleksibel dan luas serta privasi tetap terjaga sehingga penghuni rumah dapat beraktivitas dengan lebih leluasa.

3. Rumah Open Space Klasik

 

Rumah Open Space Klasik

 

Desain berikutnya adalah rumah open space bergaya klasik Eropa di mana ruang keluarga bisa terhubung langsung dengan dapur atau mini bar. Desain ini dibuat biasanya untuk memaksimalkan dan memanfaatkan lahan rumah yang ada tanpa perlu dibangun 1 lantai di atasnya.

 

Kelebihan Rumah Open Space

Menjadi konsep rumah yang menarik perhatian para kalangan muda, open space memang menawarkan banyak keuntungan yang bisa Anda dapatkan. Adapun kelebihan atau keuntungan tersebut adalah sebagai berikut.

 

1. Ruangan Menjadi Lebih Luas

Konsep ini mempunyai denah lantai yang terbuka dan tidak memiliki banyak sekat. Hal inilah yang membuat ruangan tampak lebih luas daripada rumah pada umumnya. Ruangan yang luas ini bisa Anda manfaatkan untuk melakukan berbagai aktivitas di rumah. Oleh karena itu, rumah open space dikatakan sebagai hunian dengan ruangan yang serbaguna.

 

2. Aliran Udara dan Pencahayaan Alami yang Maksimal 

Rumah dengan konsep ini tidak memiliki banyak sekat dinding yang akan menahan aliran udara dan cahaya. Selain itu, hunian open space umumnya tidak membutuhkan banyak ventilasi. Oleh karena itu, aliran udara dan cahaya alami mudah masuk secara maksimal. 

 

3. Lingkungan Rumah yang Sehat

Cahaya dan sirkulasi udara yang maksimal pada rumah open space membuat lingkungan rumah menjadi lebih sehat. Penghuni rumah bisa memperoleh sinar matahari dan oksigen yang cukup, serta suhu ruang menjadi lebih sejuk. Selain itu, konsep ruang terbuka juga bisa meningkatkan suasana hati menjadi lebih baik dan rileks.

 

4. Meningkatkan Interaksi Keluarga

Karena tidak memiliki banyak dinding partisi, maka seluruh anggota keluarga bisa terlihat secara langsung yang memudahkan komunikasi dan interaksi dengan anggota keluarga lainnya.

 

Tidak hanya itu, konsep hunian ini juga memudahkan Anda untuk memantau dan mengawasi aktivitas anak tanpa perlu ribet. Anda bisa melakukan aktivitas lainnya tanpa khawatir anak akan melakukan aktivitas yang berisiko.

 

Kekurangan Rumah Open Space

Selain kelebihan-kelebihan di atas, rumah open space juga memiliki kekurangan yang perlu menjadi perhatian Anda. Berikut ini beberapa kekurangan rumah open space.

 

1. Bau dan Suara

Karena konsepnya yang merupakan ruangan terbuka, rumah ini menjadi lebih familiar dengan bau dan suara yang berasal dari ruangan lainnya. Contohnya, bau dari ruang makan atau dapur yang akan dengan cepat menyebar ke seluruh ruangan di rumah dan suara TV atau mesin cuci yang akan terdengar lebih jelas. 

 

Oleh karena itu, perancangan ruangan harus direncanakan secara matang agar rumah mempunyai sirkulasi udara yang baik.

 

2. Kurangnya Privasi

Apabila Anda menginginkan privasi dalam rumah, maka konsep rumah ini perlu Anda pikirkan ulang. Hal ini karena konsep rumah open space mengadopsi ruangan terbuka yang memungkinkan penghuni rumah melihat seluruh isi rumah secara langsung yang membuat privasi dalam rumah berkurang. 

 

Namun, Anda bisa memikirkan solusi alternatif untuk mengatasi hal tersebut, seperti memasang gorden sebagai sekat ruangan yang satu dengan ruang lainnya agar tidak terlihat secara langsung dari luar.

 

3. Memerlukan Penataan Ruang yang Tepat

Anda harus memiliki rancangan desain ruangan secara jelas jika ingin memiliki rumah open space. Setiap ruangan harus memiliki definisi fungsi yang dibagi berdasarkan desain dan furnitur yang telah ditentukan. 

 

Contohnya, dapur diatur sebagai tempat untuk memasak yang ditandai adanya peralatan memasak seperti kompor, dan lainnya. Jika hal ini tidak dilakukan, maka Anda akan kesulitan dalam menata dan memilih furnitur yang tepat karena bisa membuat ruangan terlihat berantakan.

 

Tips Penerapan Konsep Open Space

Untuk menciptakan rumah open space yang nyaman untuk ditempati, maka Anda perlu memperhatikan beberapa hal agar ruang gerak bebas tidak terhambat. Berikut beberapa tips yang bisa Anda terapkan.

 

1. Perhatikan Fungsi Ruangan

Meskipun ruangan dalam konsep ini digabungkan, tetapi ruangan-ruangan tersebut tetap harus memiliki fungsinya tersendiri. Misalkan Anda menggabungkan ruang makan dengan ruang keluarga, maka fungsinya harus tetap sama yaitu sebagai tempat makan dan berkumpulnya anggota keluarga. 

 

Jadi, tidak menghilangkan fungsi dari ruangan tersebut. Anda juga bisa menambahkan furnitur-furnitur yang sifatnya penting sebagai penanda ruangan seperti sofa dan TV di ruang keluarga.

 

2. Hindari Cat Berwarna Gelap

Cat berwarna gelap dapat menimbulkan kesan sempit pada hunian Anda, hal ini bertentangan dengan konsep rumah open space yang bisa membuat ruangan terlihat lebih luas. Oleh karena itu, Anda bisa menggunakan cat berwarna terang, seperti putih, cream, dan warna-warna pastel untuk memberikan ilusi ruangan yang luas.

 

3. Maksimalkan Tata Letak

Dalam konsep rumah open space, tata letak menjadi hal yang penting. Oleh karena itu, akan lebih baik jika Anda bisa membuat rancangan rumah dengan memaksimalkan tata letak ruang di dalamnya agar rumah menjadi lebih nyaman dan luang. Anda bisa meminta bantuan dari desainer interior untuk membuat tata letak terbaik untuk hunian Anda.

 

Baca juga: 8 Tips Membeli Rumah Impian untuk Hindari Kerugian

 

Nah, itulah informasi lengkap terkait hunian dengan konsep desain ruang terbuka. Penjelasan informasi di atas dapat Anda jadikan sebagai pertimbangan ketika akan memilih konsep open space untuk hunian Anda.

 

Jika Anda berminat dan menginginkan konsep rumah hunian dengan desain yang elegan, maka Hannam di Eco Town Sawangan bisa jadi opsi utama untuk Anda. Hannam di Eco Town Sawangan menyediakan banyak pilihan desain interior dan rumah yang modern, estetik, serta lengkap.

 

Hannam di Eco Town Sawangan juga merupakan hunian premium di kawasan strategis Depok yang ditawarkan oleh Eco Town. Hunian ini memiliki fasilitas yang lengkap dan premium, seperti gym, jogging track, children playground, dan masih banyak lagi dengan lingkungan yang asri dan nyaman.

 

Untuk informasi lebih lanjut hubungi Eco Town atau kunjungi show unit kami di Jl.Raya Bojongsari No.18, Bojongsari Lama, Kec. Bojongsari, Kota Depok, Jawa Barat.

 

Jadi, tunggu apalagi? Yuk, dapatkan hunian premium dengan fasilitas lengkap dan booking sekarang juga hanya di Hannam di Eco Town.

 

Baca juga: Rincian Biaya Jual Beli Rumah yang Perlu Anda Ketahui