Eco Town at Sawangan

Desain Ruang Terbuka di Dalam Rumah dan Manfaatnya

Semakin berkembangnya zaman, semakin banyak pula desain-desain rumah bermunculan, salah satu konsep desain yang paling diminati adalah konsep ruang terbuka di dalam rumah. Dalam konsep tersebut, rumah Anda akan memiliki suatu ruang terbuka di bagian dalamnya. 

 

Selain menambah kesan estetika, ruang terbuka di tengah rumah tersebut juga memiliki banyak manfaat untuk para penghuninya. Untuk Anda yang ingin tahu manfaat serta contoh desain ruang terbuka dalam rumah, simak artikel ini sampai tuntas.

 

Manfaat Ruang Terbuka di Dalam Rumah

Sebelum membahas desain, sebaiknya Anda perlu mengetahui manfaat ruang terbuka di dalam rumah. Konsep ruang terbuka di dalam rumah sendiri sudah sangat diminati sejak tahun 1990-an. Konsep ini bisa memberikan banyak manfaat bagi penghuninya. Untuk pembahasan manfaatnya adalah sebagai berikut.

 

1. Menambah Estetika

Manfaat pertama dari ruang terbuka di dalam rumah adalah untuk menambah estetika. Dengan adanya ruang terbuka, rumah Anda bisa membawa kesan alami karena memiliki akses langsung dengan alam. Hal tersebut tentunya bisa menambah estetika dan menghilangkan kesan monoton di dalam rumah.

 

Tak perlu membuat desain yang rumit jika lahan yang Anda miliki termasuk sempit. Anda tetap bisa membuat ruang terbuka dan menghiasnya dengan taman atau kolam ikan minimalis untuk dapat menambah estetika hunian Anda.

 

2. Sirkulasi Udara Jadi Lebih Lancar

Ruang terbuka di dalam rumah bisa memberikan manfaat kesehatan bagi para penghuninya. Dengan adanya ruang terbuka di dalam rumah, sirkulasi udara yang ada bisa menjadi semakin lancar. Dengan begitu, udara yang ada di dalam rumah Anda tidak akan terasa pengap dan panas.

 

Jika membuat taman kecil di ruang terbuka tersebut, maka Anda bisa mendapatkan manfaat yang lebih banyak. Tanaman yang tumbuh di taman tersebut bisa menghasilkan banyak oksigen dan membuat suasana hunian Anda semakin asri.

 

3. Pencahayaan Alami Lebih Merata

Perlu diketahui, pencahayaan alami yang masuk ke dalam rumah dapat memberikan banyak manfaat. Pencahayaan alami yang masuk dari ruang terbuka di dalam rumah dapat membantu mengurangi kelembapan udara sehingga dapat menghambat pertumbuhan jamur pada perabotan rumah.

 

Ada kalanya salah satu bagian rumah masih memerlukan lampu ketika pagi hari karena kurangnya pencahayaan dari matahari. Namun, hal tersebut tidak akan terjadi apabila Anda memiliki ruang terbuka di dalam rumah. Cahaya alami pasti mampu menerangi tempat-tempat tersebut. Jadi, bisa dibilang keberadaan ruang terbuka di dalam rumah bisa menghemat penggunaan listrik Anda. 

 

Contoh Desain Ruang Terbuka Dalam Rumah

Perlu diketahui, pada zaman sekarang sudah ada banyak sekali contoh desain ruang terbuka di dalam rumah. Berikut merupakan beberapa contoh desain rumah dengan konsep terbuka yang paling populer.

 

1. Dapur dan Ruang Makan Terbuka

Dapur dan Ruang Makan Terbuka

 

Konsep dapur dan ruang makan terbuka bisa menjadi pilihan Anda karena mampu mengatasi polusi udara. Seperti yang sudah diketahui, kegiatan memasak pastinya akan menimbulkan asap. Apabila sirkulasi udara dalam rumah buruk, maka bisa berpotensi membuat udara di dalam rumah pengap akibat asap masakan.

 

Untuk mengatasi hal tersebut, Anda bisa menerapkan konsep dapur dan ruang makan terbuka. Anda cukup membuat desain di mana dapur dan ruang makan digabungkan dan sebagian dari ruangannya berhubungan langsung dengan lingkungan luar rumah. Contoh sederhana dari konsep ini adalah konsep atap terbuka pada dapur rumah.

 

2. Ruang Kerja Terbuka

ruang kerja terbuka

 

Dengan tren WFH (Work From Home), para pekerja sering kali merasa bosan karena harus bekerja di dalam ruangan tertutup. Maka dari itu, konsep ruang kerja terbuka bisa menjadi solusi untuk permasalahan tersebut.

 

Dengan konsep ruang kerja terbuka, Anda bisa terus mendapatkan udara segar ketika sedang bekerja. Tentunya, hal tersebut akan jauh lebih baik daripada terus bekerja dalam ruangan tertutup. Untuk dapat membuat ruang kerja terbuka, Anda bisa coba menggunakan jendela besar untuk memberikan kesan outdoor. Selain itu, Anda juga bisa menambahkan taman mini untuk menambah kesan alami dan tidak monoton.

 

3. Ruang Keluarga Terbuka

Ruang Keluarga Terbuka

 

Ruang keluarga di dalam rumah dapat dibuat dengan konsep terbuka untuk menambah estetika serta membuat suasana rumah menjadi lebih lega. Pada ruangan tersebut, Anda juga bisa mengombinasikannya dengan ruang bermain anak. Jadi, selain untuk berkumpul, Anda juga bisa bermain dengan anak-anak di ruangan tersebut.

 

4. Kolam Renang dan Taman

Kolam Renang dan Taman

 

Kolam renang dan taman merupakan penerapan konsep ruang terbuka di dalam rumah yang paling sederhana. Anda tak perlu memikirkan desain yang rumit, cukup dengan membuat kolam minimalis dan taman mini sudah bisa membuat rumah Anda semakin estetik dan asri.

 

Itulah beberapa informasi mengenai ruang terbuka di dalam rumah yang perlu Anda ketahui. Jika Anda ingin memiliki rumah dengan desain arsitektur elegan yang premium, maka Hannam di Eco Town Sawangan bisa menjadi pilihan utama Anda.

 

Hannam di Eco Town Sawangan merupakan hunian premium yang ditawarkan oleh Eco Town, perusahaan konstruksi yang sudah terintegrasi secara global. Eco Town Hannam memiliki lokasi strategis di Depok dengan berbagai macam fasilitas yang bisa Anda nikmati, seperti jogging path hingga children playground.

 

Ayo, booking sekarang juga dan dapatkan hunian premium dengan fasilitas lengkap dari Eco Town. Hubungi kami atau kunjungi show unit di Jl.Raya Bojongsari No.18, Bojongsari Lama, Kec. Bojongsari, Kota Depok, Jawa Barat.