Eco Town at Sawangan

5 Inspirasi Desain Dapur Mungil Terbuka Semi Outdoor

desain dapur mungil terbuka

Saat membangun rumah, Anda tentu akan benar-benar memikirkan tentang desain yang akan digunakan. Desain tersebut baik berupa desain secara keseluruhan maupun desain per ruangan, seperti desain kamar tidur dan dapur. Desain dapur mungil terbuka kerap kali menjadi model yang dipilih oleh banyak orang. Hal ini karena desain ini cukup versatile, terlebih untuk rumah dengan gaya minimalis.

 

Jadi, simak artikel ini untuk mendapatkan desain mungil terbuka yang cocok untuk hunian Anda.

 

Inspirasi Desain Dapur Mungil Terbuka

Model dapur mungil terbuka sangatlah beragam. Anda bisa memilihnya, mulai dari segi warna, perabotan, maupun bentuknya. Berikut ini adalah beberapa inspirasi desain dapur mungil terbuka yang bisa ditiru untuk merancang dapur di rumah Anda.

 

1. Model Dapur Mungil Terbuka Semi Outdoor

 

Desain Dapur Mungil Terbuka Semi Outdoor

 

Desain dapur semi outdoor memiliki pencahayaan alami yang baik. Selain itu, ruang dapur menjadi lebih terang tanpa perlu lampu di siang hari. 

 

Apabila Anda mempunyai rumah dengan halaman samping atau belakang rumah cukup luas, maka desain dapur semi outdoor ini sangat cocok diterapkan. Anda juga bisa menambahkan tanaman-tanaman hijau untuk menciptakan suasana yang lebih asri.

 

2. Desain Dapur Mungil Terbuka Kombinasi Warna Putih

 

Desain Dapur Mungil Terbuka Kombinasi Warna Putih

 

Warna putih pada desain dapur mungil terbuka akan memunculkan ilusi ruangan yang bersih dan cerah. Selain itu, ruang dapur juga akan tampak lebih luas dan besar. 

 

Anda bisa memilih kabinet dapur dan tambahan beberapa furnitur berwarna putih, seperti rak serta meja dapur. Furnitur-furnitur tersebut akan menambah kesan elegan. Suasana dapur akan terasa lebih nyaman dan cozy.

 

3. Desain Dapur Mungil Terbuka yang Menyatu dengan Area Cuci

 

Desain Dapur Mungil Terbuka yang Menyatu dengan Area Cuci

 

Konsep dapur mungil terbuka yang dijadikan satu dengan area mencuci pakaian bisa lebih menghemat tempat. Selain itu, desain ini juga meningkatkan produktivitas karena Anda bisa memasak sambil mencuci dalam waktu dan tempat yang sama. Anda dapat merancang kabinet dapur berbentuk L menempel dinding pada desain dapur mungil terbuka ini.

 

4. Desain Dapur Mungil Terbuka Minimalis

 

Desain Dapur Mungil Terbuka Minimalis

 

Meskipun ukurannya relatif kecil dan sempit, namun desain dapur mungil terbuka dengan model minimalis ini akan membuat dapur tampak lebih menarik dan rapi. Desain dapur sederhana ini sangat cocok dengan warna-warna netral, seperti putih dan abu-abu. Anda bisa memilih perabotan dengan bentuk sederhana dan memanfaatkan ruang penyimpanan dapur secara optimal.

 

5. Model Dapur Mungil Terbuka dengan Taman

 

Desain Dapur Mungil Terbuka dengan Taman

 

Desain dapur mungil terbuka dengan taman memiliki suasana yang sejuk dan asri. Anda bisa menambahkan meja dan kursi kecil di taman untuk tempat bersantai setelah memasak. 

 

Selain itu, model dapur mungil terbuka dengan taman ini bisa memudahkan Anda berkomunikasi dan memantau aktivitas anak-anak sambil memasak. Pemilihan warna yang disarankan untuk desain ini, yaitu putih, abu-abu, krem, dan warna netral lain yang kontras dengan warna tumbuhan di taman dekat dapur.

 

Baca juga: 7 Inspirasi Desain Rumah Elegan Modern dan Minimalis

 

Kelebihan Desain Dapur Mungil Terbuka

Konsep desain dapur mungil terbuka memiliki banyak kelebihan. Adapun beberapa kelebihan desain dapur mungil terbuka adalah sebagai berikut.

 

  • Suasana dapur menjadi lebih terang. Desain dapur sederhana dengan konsep terbuka ini mendapatkan pencahayaan alami dari sinar matahari. Jadi, Anda tidak perlu repot menyalakan lampu di siang hari.
  • Ruang dapur tampak lebih luas. Pada dasarnya, desain dapur mungil terbuka memang merupakan solusi efisien bagi dapur yang ukurannya sempit. Konsep desain ruang terbuka membuat dapur tidak memiliki banyak partisi sehingga memberikan kesan lebih luas.
  • Desain dapur mungil terbuka termasuk konsep desain yang unik karena berbeda dengan dapur pada umumnya. Desain ini akan membuat dapur menyatu dan terlihat lebih jelas dari ruangan lainnya di rumah.
  • Memiliki aliran udara yang lebih baik. Selain mendapatkan cahaya alami, desain dapur semi outdoor akan membantu sirkulasi udara masuk ke rumah dengan lebih mudah.
  • Konsep desain dapur semi outdoor bisa meningkatkan interaksi antaranggota keluarga. Hal ini karena minimnya sekat dinding sehingga anggota keluarga bisa saling melihat secara langsung. Anda bisa memasak sambil tetap berbincang dengan anggota keluarga di ruangan sebelahnya.
  • Memaksimalkan ruang penyimpanan. Dapur yang sempit memiliki ruang penyimpanan yang terbatas. Oleh karena itu, dengan konsep terbuka, maka ruang penyimpanan bisa dimaksimalkan untuk menjaga kerapian dapur dan peralatan masak menjadi lebih tertata.

 

Kelebihan Desain Dapur Mungil Terbuka

Selain banyak kelebihan yang bisa didapatkan dari model dapur mungil terbuka, terdapat pula beberapa kekurangan yang harus menjadi perhatian. Adapun beberapa kekurangan dari desain dapur mungil terbuka yaitu sebagai berikut.

 

  • Bau lebih mudah tersebar dan meluas ke ruang lainnya. Misalnya, saat memasak tumisan pedas, bau cabai akan langsung semerbak memenuhi ruang dapur dan sekitarnya. Bau ini bisa sangat mengganggu, terutama bagi orang yang sensitif terhadap bau-bauan.
  • Tampak lebih berantakan. Jika peralatan dapur, seperti panci, wajan, piring, dan kitchen set kotor, namun tidak langsung dibersihkan tentu akan mengganggu pemandangan. Hal ini karena konsep model dapur mungil terbuka ini bisa membuat keadaan dapur lebih mudah terlihat dari ruangan lainnya.
  • Suasana rumah lebih berisik. Dapur dengan konsep terbuka akan lebih familiar dengan suara. Misalnya, saat sedang menghaluskan makanan atau bumbu menggunakan blender, maka suara alat tersebut akan terdengar ke seluruh rumah.
  • Dapur lebih mudah kotor. Konsep dapur terbuka yang letaknya ada di teras belakang rumah biasanya tidak dilengkapi jendela maupun pintu. Hal inilah yang akan membuat dapur cepat kotor akibat debu yang menempel di berbagai peralatan dapur.
  • Rentan kemasukan hama atau serangga. Model dapur mungil terbuka yang terhubung langsung dengan halaman belakang rumah rentan kemasukan serangga dan tikus.
  • Memerlukan perawatan ekstra. Karena lebih mudah kotor dan berantakan, konsep dapur terbuka harus rutin dibersihkan.

 

Baca juga: 10 Inspirasi Desain Kamar Tidur Remaja Super Nyaman

 

Demikian beberapa desain dapur mungil terbuka yang bisa Anda jadikan inspirasi beserta kelebihan dan kekurangannya. Pastikan untuk selalu memilih desain yang sudah disesuaikan dengan selera dan kebutuhan rumah Anda.

 

Hunian dengan desain dapur semi outdoor yang nyaman akan membuat penghuninya semakin betah dan semangat dalam melakukan aktivitas. Nah, bagi Anda yang menginginkan rumah ideal dengan suasana yang nyaman dan aman, Hannam di Eco Town Sawangan merupakan solusi yang tepat.

 

Hannam di Eco Town Sawangan berlokasi di jantung Kota Depok yang menawarkan kenyamanan lingkungan bagi penduduknya. Hannam di Eco own Sawangan memiliki fasilitas premium yang lengkap, seperti water feature, jogging path, terrace seating, dan lain sebagainya.

 

Untuk informasi lebih lengkapnya, segera hubungi Eco Town atau kunjungi show unit kami di Jl. Raya Bojongsari No.18, Bojongsari Lama, Kec. Bojongsari, Kota Depok, Jawa Barat.

 

Baca juga: Inspirasi Rumah Open Space, Kelebihan, dan Kekurangannya