Eco Town at Sawangan

DP (Down Payment): Definisi, Keuntungan, dan Cara Kerja

dp adalah

Dalam sebuah transaksi jual beli, terutama yang menerapkan sistem kredit, seperti pembelian rumah, istilah DP tentu sudah tidak asing lagi. Down payment atau DP adalah pembayaran secara tunai sebagian harga atas suatu barang atau jasa yang hendak dibeli. 

 

DP biasanya menjadi tanda jadi kesepakatan antara pembeli dan penjual. Nominalnya pun beragam dan akan mengurangi harga total barang selama proses mengangsur. Oleh karena itu, penting untuk memahami apa itu DP dan cara kerjanya agar transaksi berjalan lancar sampai pelunasan.

 

Artikel ini akan membantu Anda memahami definisi, cara kerja, dan keuntungan DP dalam sebuah transaksi jual beli. Simak pembahasan lengkapnya berikut ini.

 

Apa itu Down Payment (DP)?

DP adalah pembayaran awal yang dilakukan oleh pembeli sebagai tanda jadi atau komitmen awal dalam sebuah transaksi jual beli, seperti pembelian rumah atau tanah. Pembeli biasanya memberikan DP sebelum pelunasan penuh.

 

Jumlah DP bervariasi tergantung kesepakatan antara pembeli dan penjual serta merupakan sebagian dari harga total barang atau jasa yang akan dibeli. Biasanya DP dinyatakan dalam bentuk persentase dari total harga.

 

Fungsi DP

Seperti penjelasan sebelumnya, DP artinya bentuk komitmen pembeli kepada penjual atas sebuah transaksi. Dengan begitu, fungsi DP adalah sebagai jaminan untuk kedua belah pihak.

 

Bagi penjual, DP adalah uang jaminan bahwa transaksi akan berlanjut dan mengurangi risiko pembatalan sepihak dari pembeli. Pembatalan sepihak dapat berakibat pada hangusnya uang DP atau tidak bisa dikembalikan kepada pembeli.

 

Hal yang sama juga berlaku bagi pembeli di mana DP adalah tanda komitmen dari penjual untuk mencegah tindak penipuan dan menjamin penjual tidak menawarkan barang atau asetnya kepada orang lain.

 

Cara Kerja DP

Cara kerja DP terbilang cukup sederhana di mana semakin besar nominal yang dibayarkan di muka maka semakin kecil cicilan selanjutnya dan begitu pula sebaliknya. Hal tersebut berkaitan dengan definisinya di mana DP adalah sebagian dari harga total atas barang atau jasa yang dibeli.

 

Dengan kata lain, cicilan menjadi lebih sedikit karena sebagian besar pembayaran dari harga total sudah dilakukan di awal kesepakatan. Namun, jika nominal DP kecil maka jumlah cicilan juga akan lebih besar dengan durasi lebih lama. 

 

Baca juga: 5 Tips Membeli Properti yang Aman dan Menguntungkan

 

Keuntungan DP

DP adalah sistem pembayaran di muka yang memberikan sejumlah keuntungan, baik bagi pembeli maupun penjual. Biasanya, penjual akan menawarkan dua pilihan kepada pembeli apakah pembayaran DP dilakukan dalam jumlah besar atau kecil.

 

Masing-masing pilihan tersebut memiliki kelebihan masing-masing. Beberapa keuntungan DP adalah sebagai berikut:

 

1. Suku Bunga Rendah

Keuntungan membayar DP dalam jumlah besar biasanya diiringi dengan suku bunga yang lebih rendah. Misalnya, saat Anda hendak membeli rumah dengan DP besar, pembayaran bunga di bulan berikutnya akan lebih kecil.

 

2. Cicilan per Bulan Lebih Rendah

Tidak hanya suku bunga yang rendah, pembayaran DP dalam nominal besar juga memungkinkan Anda memiliki cicilan lebih kecil. Dengan begitu, beban pengeluaran setiap bulannya dalam jangka waktu panjang juga berkurang.

 

3. Mendapatkan Barang dengan Biaya Kecil

Pembayaran DP dalam jumlah kecil juga memberikan sejumlah keuntungan, seperti kesempatan untuk menerima barang dengan biaya kecil. Misalnya, kamu sudah bisa menempati sebuah rumah meskipun pembayaran DP kecil.

 

4. Besaran Cicilan Sesuai Budget

Keuntungan DP kecil berikutnya adalah pembayaran cicilan sesuai budget. Meskipun durasi cicilan lebih lama dan total pembayaran lebih besar, Anda tetap bisa membayarnya sesuai dengan anggaran yang dimiliki.

 

Baca juga: KPR Rumah: Pengertian, Syarat, dan Simulasi Perhitungannya

 

Tips Membayar Uang DP

Cara terbaik untuk membayar uang DP adalah menyesuaikan dengan kondisi keuangan masing-masing. Pastikan Anda memiliki pemasukan tetap setiap bulannya untuk membayar cicilan dan bunga. Berikut beberapa tips membayar DP:

 

a. Mempelajari Syarat dan Ketentuan

Tips pertama untuk membayar DP adalah memperhatikan setiap syarat dan ketentuan yang berlaku untuk pengajuan kredit. Pasalnya, setiap penjual maupun developer memiliki ketentuan masing-masing untuk sistem DP dan cicilan. 

 

Pastikan Anda mempelajari setiap syarat beserta kondisi yang berlaku untuk mencegah hal-hal tidak terduga, seperti angsuran terlalu tinggi.

 

b. Memastikan Jumlah Angsuran

Sebelum memutuskan untuk melakukan pembayaran DP, pastikan jumlah angsuran yang perlu dibayar setiap bulannya. Selanjutnya, sesuaikan dengan kondisi keuangan Anda. Hal ini bertujuan untuk memastikan angsuran dapat dibayar tepat waktu setiap bulannya tanpa mengganggu kebutuhan primer lainnya.

 

c. Jangan Mudah Tergiur Penawaran Lainnya

Mempelajari setiap informasi terkait pengajuan kredit bermanfaat untuk mencegah Anda tergiur penawaran lainnya. Biasanya, penjual akan memberi Anda opsi lain yang mungkin terdengar menggiurkan, seperti DP rendah.

 

Perlu diketahui, pembayaran DP yang terlalu kecil justru membuat waktu cicilan jauh lebih lama. Dengan kata lain, harga total yang dikeluarkan juga lebih besar bahkan bisa mencapai dua kali lipat harga pembayaran tunai.

 

Demikian pembahasan tentang apa itu down payment beserta keuntungan dan cara kerjanya. Pada intinya, DP adalah sebuah metode yang banyak dipakai sebagai bentuk komitmen dan kesepakatan atas terjadinya transaksi jual beli.

 

Sistem DP sangat umum terjadi dalam transaksi jual beli rumah yang menerapkan pembayaran angsuran/cicilan. Hal tersebut memungkinkan pembeli menempati rumah selagi melunasi pembayaran. 

 

Jika Anda sedang mencari hunian yang elegan, nyaman, dan lokasi strategis, Hannam di Eco Town Sawangan bisa menjadi pilihan menarik. Perumahan elit ini berada di lokasi strategis area Depok dengan berbagai fasilitas lengkap, mulai dari gym, children playground, jogging track, dan area parkir mobil luas.

 

Desain rumah yang minimalis namun bergaya modern juga menjadi daya tarik tersendiri untuk menempati rumah Hannam di Eco Town Sawangan. Lingkungan perumahan ditata untuk memberikan kenyamanan 24 jam yang eksklusif untuk penghuninya.

 

Tertarik untuk informasi lebih lanjut? Hubungi tim Eco Town atau kunjungi show unit kami di Jl. Raya Bojongsari No. 18, Bojongsari Lama, Kec. Bojongsari, Kota Depok, Jawa Barat. Wujudkan mimpi dengan hunian nyaman dan eksklusif sekarang juga di Hannam di Eco Town!

 

Baca juga: Refinancing: Definisi, Manfaat, Jenis, & Contohnya