Eco Town at Sawangan

Token Listrik Gagal 3 Kali? Ini Penyebab dan Solusinya

token listrik gagal 3 kali

Pernahkah Anda mengalami bayar token listrik gagal 3 kali? Jika iya, artikel ini bisa menjadi referensi dalam menemukan solusinya. Perlu diketahui, listrik telah menjadi kebutuhan pokok manusia di era modern ini. Hal ini dikarenakan hampir semua aspek kehidupan manusia bergantung pada energi listrik, mulai dari penerangan, pendingin ruangan, hingga peralatan elektronik. 

 

Kemudian, untuk memenuhi kebutuhan listrik, banyak masyarakat di Indonesia menggunakan sistem pembayaran prabayar dengan token. Namun, mengisi token listrik gagal 3 kali tentu akan membuat Anda kebingungan dan mencari letak kesalahannya. Untuk itu, yuk simak ulasan mengenai penyebab dan solusi token listrik bayar 3 kali di bawah ini. 

 

Penyebab Token Listrik Gagal 3 Kali

Kenapa gagal mengisi token listrik? Hal ini adalah pertanyaan yang sering diajukan jika terjebak pada kondisi tersebut. Token listrik gagal 3 kali merupakan hal yang tidak menyenangkan. Oleh karena itu, Anda perlu mengetahui penyebab terjadinya token listrik gagal 3 kali. Berikut penjelasannya:

 

1. Nomor ID Meteran Salah

Nomor pelanggan atau ID meteran diperiksa untuk mengidentifikasi pemilik rumah atau bangunan yang menggunakan sistem listrik prabayar. Hal ini dilakukan agar tidak ada kemungkinan tindakan curang saat menggunakan listrik prabayar. Oleh karena itu, apabila token listrik gagal 3 kali, Anda perlu memastikan apakah nomor ID yang diinputkan sudah benar atau belum. 

 

2. Meteran Listrik Rusak

Kesalahan pemasangan instalasi listrik bisa juga menyebabkan token listrik gagal 3 kali ketika diisi. Jika hal ini terjadi pada Anda, penting untuk menghubungi teknisi yang bekerja di bawah naungan PLN agar segera melakukan pemeriksaan dan melakukan perbaikan tanpa adanya penundaan. 

 

3. Jaringan Bermasalah

Jaringan yang bermasalah juga bisa menyebabkan pengisian token listrik gagal 3 kali. Masalah ini, meliputi fluktuasi tegangan, pemadaman listrik, dan hal lain yang berkaitan dengan distribusi listrik.  

 

4. Saldo Meteran Over Limit

Ketika Maksimum Pemakaian Berkala atau MPB sudah dipasang, PLN akan menetapkan batas penggunaan listrik per bulan dari tiap bangunan. Oleh karena itu, MPB yang sudah mencapai batas kWh yang telah ditentukan akan membuat pengisian token listrik mengalami kegagalan. 

 

Jadi, pastikan untuk mengetahui batas kWh dari rumah Anda lalu berbicara pada petugas PLN agar situasi pengisian token listrik gagal 3 kali bisa dihindari. 

 

Baca juga: 3 Cara Cek Tagihan PBB Online yang Praktis dan Anti Ribet

 

5. Nomor Token Salah

Salah memasukkan nomor token merupakan hal umum yang menjadikan pengisian token listrik gagal 3 kali. Maka dari itu, sebelum menekan tombol enter pada meteran, pastikan bahwa nomor token yang telah dimasukkan sudah benar. 

 

Nomor token listrik umumnya ada 20 digit. Oleh karena itu, apabila Anda membeli token listrik dan nomornya tidak sampai 20, hal ini harus dicurigai. Karenanya, penting memastikan pembelian melalui agen terpercaya untuk menghindari kesalahan tersebut. 

 

6. Tombol Meteran Rusak

Tombol meteran mempunyai peran penting dalam memasukkan token listrik. Kondisi ini merujuk pada keadaan tombolnya yang mengalami keausan, adanya kotoran di antara tombol, hingga rusak secara fisik sehingga tidak bisa berfungsi sebagaimana mestinya. Oleh karena itu, apabila tombol tersebut rusak pengisian token listrik bisa gagal. 

 

7. Gangguan di Server PLN

Penyebab token listrik gagal dimasukkan yang terakhir adalah gangguan di server PLN. Apabila hal ini terjadi, maka satu-satunya solusi memperbaikinya adalah menunggu server PLN pulih ke kondisi normal. 

 

Dengan begitu, Anda harus bisa memahami bahwa gangguan server ini merupakan masalah internal dan hanya bisa diatasi oleh teknis. Apabila server sudah bisa diperbaiki, pembayaran token listrik akan berjalan normal. 

 

Solusi Token Listrik Gagal 3 Kali

Solusi atas alasan token listrik gagal terus ketika diisi yang bisa Anda lakukan adalah sebagai berikut:

 

1. Memeriksa dan Memastikan Nomor ID Token Benar

Pastikan bahwa Anda sudah melakukan pengecekan dengan teliti terhadap nomor pelanggan atau ID meteran untuk mengatasi risiko gagal pengisian. Hal ini merupakan tindakan yang penting guna memastikan bahwa Anda tidak memiliki kendala pengisian token listrik gagal 3 kali dalam pelayanan prabayar. 

 

2. Mengirim Keluhan ke PLN

Apabila ternyata nomor ID yang dimasukkan ke token listrik sudah benar namun pengisiannya masih gagal, Anda perlu mengirimkan keluhan ke PLN. Keluhan ini bisa disampaikan melalui media sosial resmi, nomor telepon, email, dan lainnya. Berikut informasi call center PLN :

 

  • Telepon: kode area +123
  • Facebook: PLN 123
  • Twitter: @pln_123
  • Instagram: pln_id atau pln123_official
  • Website: pln.co.id
  • Email: pln123@pln.co.id

 

Jika tidak ada respon jawaban, datangilah kantor PLN di wilayah Anda. Dalam hal ini, silakan datang dan temui petugas yang berjaga lalu ceritakan tujuan serta permasalah yang sedang Anda alami terkait pembayaran token listrik gagal 3 kali. 

 

Baca juga: Cara Cek Sertifikat Tanah Secara Online yang Mudah dan Cepat

 

Demikian ulasan mengenai token listrik gagal tiga kali, mulai dari penyebab hingga solusinya. Perlu diketahui, apabila berniat memiliki properti seperti rumah yang nyaman, Hannam di Eco Town Sawangan adalah jawabannya. 

 

Eco Town memiliki project bernama Hannam yang mana merupakan kota impian dengan hunian premium berarsitektur elegan. Hannam di Eco Town Sawangan ini mempunyai lokasi strategis dengan banyak fasilitas menarik, seperti outdoor gym, jogging path, dan lainnya. 

 

Jadi, tunggu apalagi? Hubungi kami sekarang juga untuk mendapatkan hunian impian atau kunjungi show unit di Jl. Raya Bojongsari, Bojongsari Lama, Kec. Bojongsari, Kota Depok, Jawa Barat. 

 

Baca juga: 5 Tips Membeli Properti yang Aman dan Menguntungkan