Eco Town at Sawangan

10 Cara Menata Kamar Tidur yang Tepat, Simpel & Anti Sempit!

cara menata kamar tidur

Kamar tidur merupakan ruang pribadi di mana Anda beristirahat dan menghabiskan waktu setelah beraktivitas. Agar terasa nyaman di ruangan sendiri, Anda perlu tahu cara menata kamar tidur yang tepat.

 

Meskipun hunian sudah fully furnished, penataan yang sesuai dengan ukuran ruangan perlu diperhatikan, utamanya pada kamar tidur. Kamar yang menjadi tempat melakukan aktivitas cenderung tidak luas sehingga perabotan di dalamnya harus diatur sebaik mungkin.

 

Tidak hanya perabotan yang perlu menjadi perhatian, pemilihan warna cat dan penggunaan dinding pun bisa dipertimbangkan agar kamar tidur tidak terlihat sempit. Jika ingin tahu tentang cara menata kamar tidur selengkapnya, mari simak pembahasannya di bawah ini.

 

1. Pilih Perabotan Sesuai dengan Ukuran Kamar

Tempat tidur bukanlah satu-satunya perabotan yang harus ada di dalam kamar. Pilihlah ranjang yang tidak terlalu besar atau kecil dan sesuai dengan ukuran ruangan. Dengan begitu, sisa space di dalam kamar tidur bisa ditempati oleh perabotan lain, seperti meja belajar, rak, lemari pakaian, dan lain sebagainya dengan ukuran yang disesuaikan.

 

2. Posisikan Ranjang di Pinggir Ruangan

Tips menata kamar tidur anak maupun orang dewasa yang perlu diperhatikan adalah menentukan posisi ranjang. Agar kamar tidur terlihat luas, posisikan ranjang di pinggir atau dekat dengan dinding. Penataan ini bisa memperluas space untuk furnitur lain yang tidak kalah pentingnya, seperti meja rias, rak baju, dan sebagainya.

 

3. Gunakan Tempat Tidur Dilengkapi Laci

Salah satu cara menata kamar tidur yang sempit secara efektif adalah menggunakan tempat tidur multifungsi. Pilihlah tempat tidur atau ranjang yang dilengkapi dengan laci atau sekat pada bagian bawah. Dengan begitu, Anda tidak hanya bisa menggunakan ranjang untuk tidur, namun juga menyimpan barang di dalam laci tanpa perlu membeli lemari pakaian atau rak.

 

4. Pasang Rak Vertikal di dalam Kamar Tidur

Ingin tahu cara menata kamar tidur yang sempit agar terlihat luas? Gunakan rak vertikal supaya tidak memakan ruang. Rak vertikal bisa digunakan untuk menyimpan pakaian dan berbagai barang pribadi lainnya. Mengingat bentuknya yang menjulang ke atas, rak vertikal cocok untuk kamar tidur dengan luas terbatas.

 

5. Aplikasikan Cat Berwarna Netral

Trik efektif dalam cara menata kamar tidur yang sempit adalah melapisi dinding dengan cat berwarna netral. Gunakan warna sendu seperti putih, abu muda, dan biru muda untuk memberikan kesan luas dan minimalis pada kamar tidur. Selain luas, kamar tidur pun juga terasa lebih hangat dan nyaman dengan pemilihan warna yang tepat.

 

6. Pastikan Kamar Memiliki Jendela ke Luar

Adanya jendela ke luar dapat memberikan efek luas pada ruangan, baik untuk penataan kamar tidur anak maupun orang dewasa. Jendela ke luar dapat memberikan pencahayaan yang baik dan memberikan ilusi ruangan lebih luas. Terlebih lagi, jendela bisa dibuka pada pagi hari dan membantu mengoptimalkan pertukaran udara di dalam ruangan.

 

Baca juga: 8 Fasilitas Perumahan yang Wajib Dipertimbangkan Pembeli 

 

7. Hindari Menggantung Pakaian di Belakang Pintu

Cara menata kamar tidur yang baik dimulai dari meletakkan pakaian dengan tepat. Untuk itu, hindari menggantung pakaian di belakang pintu. Menumpuk pakaian di belakang pintu tidak hanya membuat ruangan terlihat sempit, namun juga lebih panas. Apabila ingin menggantung pakaian, sediakan rak pakaian gantung berukuran kecil yang dapat diatur letaknya.

 

8. Tambahkan Karpet dengan Desain Menarik

Agar interior kamar tidur lebih berwarna, tambahkan karpet dengan desain yang menarik. Gunakan warna yang senada dengan cat tembok netral. Karpet dengan motif garis-garis kecil ataupun pola etnik bisa menjadi pilihan untuk menghias kamar tidur Anda. Jika tidak ingin bereksperimen dengan pola atau motif, Anda bisa mencoba karpet bertekstur, seperti nilon dan wol.

 

9. Manfaatkan Dinding Kosong Semaksimal Mungkin

Kamar tidur tidak hanya terdiri dari lantai dan atap. Dinding juga menjadi bagian ruangan yang dapat dimanfaatkan. Dinding yang kosong bisa digunakan untuk memasang gantungan baju, rak dinding, dan lukisan.

 

Namun, perhatikan untuk menempatkan barang sesuai dengan kemampuan rak ataupun gantungan. Jangan menggantung barang terlalu banyak agar tidak membuat dinding terlihat penuh. Ketika dinding terlihat penuh, ruangan pun akan terasa lebih sempit dan mudah panas.

 

10. Bersihkan dan Rapikan Kamar Secara Rutin

Setelah kamar tidur tertata dengan baik, hal terpenting yang tidak boleh dikesampingkan adalah membersihkan dan merapikannya secara rutin. Kamar yang tertata dengan rapi akan lebih nyaman ditinggali apabila bebas dari debu. Maka dari itu, agendakan bersih-bersih kamar secara rutin. Sempatkan waktu untuk menyapu, mengepel, mengelap perabotan, dan merapikan tempat tidur setiap harinya agar kamar tetap terasa nyaman.

 

Itulah beberapa cara menata kamar tidur yang efektif untuk menciptakan nuansa luas tanpa mengurangi kenyamanan Anda. Kamar tidur yang tertata dapat membantu Anda menikmati istirahat dan me time dengan leluasa.2

 

Apabila Anda tertarik dengan kamar tidur yang luas dan nyaman untuk digunakan beristirahat setelah beraktivitas sehari-hari, maka sebaiknya pilihlah hunian dengan kualitas premium. Hannam di Eco Town Sawangan yang menawarkan 4 +1 kamar tidur untuk keluarga bisa menjadi pilihan.

 

Dengan luas area 206 m2, Hannam di Eco Town Sawangan merupakan tempat tinggal ideal di tengah lingkungan asri dan dikelilingi sungai. Tidak hanya hunian yang nyaman, Anda pun dapat menikmati berbagai fasilitas premium seperti gym dan jogging track.

 

Jadi, wujudkan hunian impian yang nyaman dan asri dengan Hannam di Eco Town Sawangan. Jangan ragu menghubungi kami atau mengunjungi show unit di Jl.Raya Bojongsari No.18, Bojongsari Lama, Kec. Bojongsari, Kota Depok, Jawa Barat untuk menilik Hannam di Eco Town Sawangan lebih jauh.

Baca juga: 7 Tips Memilih Posisi Rumah di Perumahan, Wajib Tahu!