Eco Town at Sawangan

3 Cara Mengecek Tanah Bermasalah atau Tidak, Mudah!

Memiliki tanah merupakan salah satu investasi menarik yang akan memberikan banyak keuntungan bagi pemiliknya. Hal ini karena tanah dapat memberikan passive income yang cukup tinggi. Meski demikian, sebelum Anda melakukan investasi jenis ini, sebaiknya Anda perlu mengetahui cara mengecek tanah bermasalah atau tidak.

 

Beberapa orang yang terlalu terburu-buru membeli tanah dan tidak mempunyai informasi cukup mengenai sengketa akan berdampak negatif bagi kesehatan finansialnya. Karena itu, meskipun keuntungan investasi ini menarik, Anda perlu paham tentang cara cek tanah bermasalah atau tidak untuk menghindari kerugian finansial di masa depan. 

 

Berikut adalah penjelasan mengenai cara mengecek tanah bermasalah atau tidak yang perlu Anda pahami sebelum membelinya.

 

Ciri-Ciri Tanah Bermasalah

cara mengecek tanah bermasalah atau tidak

Sebelum Anda mencari tahu bagaimana cara mengecek tanah bermasalah atau tidak, penting untuk mengetahui ciri-cirinya terlebih dahulu. Mengingat pembelian properti, baik tanah maupun rumah membutuhkan kehati-hatian ekstra karena melibatkan biaya yang besar, maka Anda sangat disarankan untuk mencari pendampingan ahli agar terhindar dari risiko penipuan atau masalah hukum.

 

Kejelian dalam memilih properti sangatlah penting, sehingga Anda harus memahami ciri-ciri tanah bermasalah atau tidak, seperti tanah yang diperuntukkan untuk RTH (Ruang Terbuka Hijau), pelebaran jalan, atau tanah dengan sengketa kepemilikan. Berikut beberapa poin penting yang perlu diperhatikan sebagai cara cek tanah bermasalah atau tidak adalah:

 

  • Periksa perizinan dan peruntukan tanah: pastikan tanah tersebut sesuai dengan rencana tata ruang dan tidak termasuk dalam area yang bermasalah.
  • Verifikasi kepemilikan tanah: pastikan sertifikat tanah sah dan tidak ada sengketa ahli waris atau kepemilikan dengan pihak lain.
  • Minta bantuan ahli: jika Anda tidak yakin, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan perantara terpercaya, notaris, atau pengacara.
  • Teliti dokumen: periksa kelengkapan dan keabsahan semua dokumen terkait properti.
  • Jangan terburu-buru: luangkan waktu untuk meneliti dan mempertimbangkan semua aspek sebelum mengambil keputusan.

Cara Mengecek Tanah Bermasalah atau Tidak

Seperti yang telah diketahui, cara cek tanah bermasalah atau tidak merupakan aspek yang penting. Ada beberapa cara mengecek tanah bermasalah atau tidak yang bisa Anda terapkan. Berikut ulasannya: 

 

1. Periksa Detail Pemilik dan Status Tanah 

Memastikan status kepemilikan tanah merupakan langkah krusial dalam cara mengecek tanah bermasalah atau tidak. Berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan saat akan memeriksa detail pemilik sebagai cara cek status tanah:

  • Pastikan pemilik memiliki hak atas tanah yang sah sesuai dengan UU, yaitu hak milik, hak guna usaha, dan hak guna bangunan. 
  • Pastikan tanah tersebut bebas dari sengketa kepemilikan, pertempuran, atau tidak terletak di atas tanah milik pemerintah.
  • Pastikan status pemilik jelas dan sah. Artinya, jika pemilik asli telah meninggal, tentu akan ada lampirkan akta kematian, sedangkan jika pemilik sudah menikah dan bercerai, maka terdapat semua dokumen perceraian lengkap. 
  • Periksa kelengkapan dan keabsahan sertifikat tanah, akta jual beli, surat ukur tanah, dan dokumen pendukung lainnya.
  • Perhatikan jika terdapat tanda-tanda kejanggalan, seperti sertifikat ganda, sengketa batas tanah, atau ketidakjelasan status kepemilikan.
  • Jika ragu, konsultasikan dengan ahli hukum tanah untuk memastikan keabsahan kepemilikan

2. Periksa Dokumentasi Legalitas Tanah 

Membeli tanah merupakan investasi besar. Ketika Anda telah memutuskan untuk membeli tanah tersebut, penting bagi Anda untuk tidak melupakan langkah selanjutnya yaitu memeriksa dokumen legalitas tanah. Proses ini akan memastikan nama Anda dapat terdaftar sebagai pemilik sah atas tanah tersebut.

 

Terdapat beberapa tahapan persiapan yang perlu Anda lakukan untuk melihat legalitas tanah. Berikutnya ulasannya: 

 

1. Persiapan Dokumen Sebelum ke Kantor Pertanahan:

  • Sertifikat tanah asli milik pemilik sebelumnya.
  • KTP Anda.
  • NPWP .
  • Cek status tanah di kelurahan (Letter C, girik, petok D, SPPT PBB) jika tanah belum bersertifikat. 

 

2. Proses Pemeriksaan Sertifikat Tanah di BPN:

  1. Datang ke kantor BPN setempat dengan membawa sertifikat tanah.
  2. Bawalah surat kuasa pengecekan dari PPAT.
  3. Isi formulir permohonan pengecekan sertifikat.
  4. Siapkan fotokopi KTP pemilik dan bukti PBB tahun terakhir.
  5. Siapkan biaya pengecekan sebesar Rp50.000.

 

Selain melakukan pengecekan secara langsung ke kantor pertanahan, Anda juga bisa melakukan cara cek sertifikat tanah bermasalah atau tidak tersebut di situ web atrbpn.go.id atau aplikasi Sentuh Tanahku. Dengan melakukan pengecekan online, ini akan membantu Anda mempercepat proses dan menghindari masalah di kemudian hari.

 

Penting diingat, mengecek nama sertifikat tanah wajib dilakukan untuk menghindari sengketa di masa depan. Karena itu, Anda perlu melakukan pengecekan sertifikat tanah untuk memastikan keabsahan dan menghindari tanah bermasalah. Dengan menyelesaikan proses pengecekan nama dan sertifikat tanah dengan cermat, Anda dapat memastikan investasi jenis ini terlindungi dan terhindar dari masalah hukum. 

cara mengecek tanah bermasalah atau tidak

3. Cek Izin Peruntukan Tanah 

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, memeriksa status peruntukan tanah adalah langkah krusial sebagai cara mengecek tanah bermasalah atau tidak untuk memastikannya bebas dari masalah. Jika tanah termasuk dalam rencana tata ruang kota, maka langkah selanjutnya adalah mengunjungi kantor dinas tata kota setempat.

 

Di sana, Anda dapat meminta advice planning untuk lokasi tanah yang ingin dibeli. Advice planning sendiri adalah dokumen rekomendasi yang dikeluarkan oleh dinas terkait (tata kota, cipta karya, atau tata ruang, sesuai dengan struktur pemerintahan di daerah Anda).

 

Advice planning berisi informasi penting, yakni: 

  • Klasifikasi area tanah berdasarkan peruntukannya, seperti pemukiman, komersial, industri, atau ruang terbuka hijau.
  • Aturan mengenai luas maksimal bangunan yang dapat didirikan di atas tanah tersebut.

 

Informasi ini sangatlah penting untuk memastikan kesesuaian rencana pembangunan Anda dengan peraturan tata ruang daerah. Dengan demikian, Anda dapat terhindar dari risiko pembangunan yang tidak sesuai aturan dan berakibat pada masalah hukum di kemudian hari.

 

Itulah informasi mengenai cara mengecek tanah bermasalah atau tidak yang nantinya perlu Anda terapkan ketika hendak berinvestasi lahan. Memiliki tanah akan memberikan berbagai keuntungan, tidak heran jika sebagian masyarakat terlalu terburuk dalam membelinya sehingga tidak memiliki informasi cukup mengenai permasalahan lahan. 

 

Anda ingin memiliki hunian pribadi tanpa khawatir masalah sengketa lahan? Jangan ragu untuk mempertimbangkan hunian premium dari Eco Town. 

 

Eco Town mempersembahkan Hannam residential, perumahan mewah di Depok yang menawarkan hunian premium dengan berbagai tipe. Area ini juga sudah dilengkapi berbagai fasilitas, seperti taman, paviliun, outdoor gym dan masih banyak lagi.

 

Yuk, cari tahu lebih lanjut mengenai fasilitas hunian premium di Hannam di Eco Town Sawangan dengan menghubungi kami atau kunjungi show unit di Jl.Raya Bojongsari No.18, Bojongsari Lama, Kec. Bojongsari, Kota Depok, Jawa Barat.